Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Asal Usul Nama Penggilingan Jakarta

Penggilingan adalah sebuah tempat atau kawasan yang merupakan kelurahan di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Penduduk daerah tersebut campuran, terdiri dari bermacam-macam etnis yang berasal dari beberapa daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 24 Januari 2015  |  16:27 WIB
Ilustrasi - Veronica Yasinta
Ilustrasi - Veronica Yasinta

Bisnis.com, JAKARTA-Penggilingan adalah sebuah tempat atau kawasan yang merupakan kelurahan di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Penduduk daerah tersebut campuran, terdiri dari bermacam-macam etnis yang berasal dari beberapa daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Tentang asal usul nama Penggilingan itu dijelaskan oleh Zaenuddin HM dalam buku karyanya berjudul “212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe,” yang diterbitkan Ufuk Press pada 2012, setebal 377 halaman.

Adapun asal usul nama Penggilingan diduga dari nama alat untuk menggiling padi. Karena, kawasan itu dahulu merupakan tempat utama untuk menggiling padi yang dipanen para petani.

Ketika itu, kawasan Penggilinga masih berupa persawahan yang cukup luas, yang umumnya milik petani setempat, dan sebagian lagi milik tuan tanah asal Belanda.

Penggilingan padi tersebut juga milik tuan tanah Belanda, bukan kepunyaan orang pribumi.

Perose penggilingan dilakukan dengan alat yang masih amat sederhana, namun secara massal sehingga hasilnya tetap banyak.

Masyarakat setempat sering menyebut-nyebut daerah itu “penggilingan” sehingga kemudian menjadi terbiasa dan akhirnya jadi nama paten: Penggilingan. (Bisnis.com)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta belanda
Editor : Sutan Eries Adlin

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top