Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batu Gagas Layanan Administrasi Malam Hari

Pemkot Batu, Jawa Timur, akan menularkan layanan administrasi kantor kecamatan Batu kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) utamanya dinas kependudukan dan catatan sipil.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, BATU--Pemkot Batu, Jawa Timur, akan menularkan layanan administrasi kantor kecamatan Batu kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) utamanya dinas kependudukan dan catatan sipil.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, mengatakan pelayanan malam hari yang dilakukan setiap Senin dan Rabu mulai pukul 18.00-21.00 tersebut dinilai bermanfaat untuk warga Batu maupun luar Batu yang tidak bisa mengurus administrasi pada siang hari.

“SKPD yang lain harapannya bisa melakukan pelayanan administrasi malam hari guna meningkatkan layanan kepada masyarakat,” kata Punjul, Selasa (13/1/2015).

Menurutnya kantor kecamatan biasanya hanya memberikan rekomendasi soal administrasi. Sebut saja warga yang membutuhkan pelayanan KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, mutasi masuk atau mutasi keluar.

Selanjutnya rekomendasi tersebut akan diterbitkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil. Jika warga sudah mendapatkan pelayanan di kantor kecamatan pada malam hari, maka akan menunggu keesokan harinya untuk mendapatkan pelayanan di dinas kependudukan dan catatan sipil.

“Jika SKPD juga memberikan pelayanan malam hari, maka warga bisa mengurus dalam satu hari saja,” jelas dia.

Sehingga upaya warga yang mengurus surat ke kecamatan pada malam hari tidak sia-sia karena tidak perlu menunggu pagi hari karena bisa langsung mengurus ke dinas kependudukan.

Pelayanan malam hari pada SKPD tersebut juga harus digagas dan dilakukan secepatnya. Pelayanan administrasi malam hari di Batu diperlukan masyarakat karena sebagian besar mereka adalah petani.

“Mereka bukanlah petani yang memiliki lahan luas, namun banyak yang menjadi buruh tani. Jika harus mengurus administrasi siang hari, maka akan meninggalkan pekerjaan dan terpaksa harus kehilangan pendapatan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, warga yang berprofesi sebagai pedagang atau pegawai juga  tidak akan meninggalkan pekerjaannya jika bisa melakukan pengurusan administrasi pada malam hari.

Jika pelayanan malam hari dilakukan, maka warga lambat laun akan memanfaatkan sistem layanan tersebut.

Karena itu pemkot akan melakukan sosialisasi layanan malam hari di kantor kecamatan Batu kepada masyarakat melalui RT/ RW maupun jamaah tahlil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper