Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Wah, 1.500 Jabatan di Pemprov DKI Akan Dibabat

Menjelang pergantian tahun, para pejabat di Pemprov DKI Jakarta tampaknya ketar-ketik akan kehilangan jabatannya. Pasalnya, pemprov akan membabat 1.500 jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2015.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 Desember 2014  |  10:20 WIB
Wah, 1.500 Jabatan di Pemprov DKI Akan Dibabat
Balai Kota DKI Jakarta. - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang pergantian tahun, para pejabat di Pemprov DKI Jakarta tampaknya ketar-ketik akan kehilangan jabatannya. Pasalnya, pemprov akan membabat 1.500 jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2015.

Perampingan jabatan tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2014 tentang Organisasi Perangkat Daerah yang baru saja diterbitkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Mengacu pada Perda tersebut, maka dari total keseluruhan sebanyak 8.011 jabatan yang tersedia sebelumnya akan dirampingkan menjadi 6.511 jabatan saja," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (30/12/2014).

Menurut dia, untuk jabatan eselon dua tidak akan mengalami banyak perubahan, yakni tetap tersedia sebanyak 59 jabatan, namun para pejabatnya akan dirotasi dan diganti dengan orang yang baru.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 28 pejabat merupakan orang baru. Kemudian, sebagian pejabat dalam posisi tersebut juga akan mendapatkan promosi atau naik jabatan," ujar Saefullah.

Lebih lanjut, dia menuturkan tidak jauh berbeda dengan eselon dua, jabatan eselon tiga juga akan mengalami sedikit perampingan, yakni sebanyak 890 jabatan.

"Akan tetapi, lain halnya dengan jabatan eselon empat yang akan mengalami banyak perampingan. Tahun depan, ada sekitar 5.521 pejabat eselon empat yang akan dilantik," tutur Saefullah.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan dari total keseluruhan 6.511 jabatan yang tersedia, sebanyak lima di antaranya tidak akan ikut dilantik. Kelima jabatan tersebut, yakni jabatan sebagai deputi gubernur.

"Karena untuk pengangkatan dan pencopotan jabatan deputi gubernur harus dilakukan melalui Surat Keputusan (SK) Presiden. Jadi, nanti hanya akan ada 6.506 pejabat saja yang akan dilantik," ungkap Saefullah.

Rencananya, sambung dia, Pemprov DKI Jakarta akan melantik sebanyak 6.506 pejabat di lingkungan Pemprov DKI pada 2 Januari 2015 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jakarta jabatan

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top