Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REKOR MURI: Aceh Akan Tanam 50.000 Pohon Pala

Forum Pala Aceh akan menanam serentak 50.000 batang pala pada 28 Desember 2014. Adapun, penanaman ini bersamaan dengan ulang tahun ke-70 Aceh Selatan sebagai sentra produksi, sekaligus untuk memecahkan rekor MURI.
Febrany D. A. Putri
Febrany D. A. Putri - Bisnis.com 13 Desember 2014  |  15:59 WIB
Pohon pala. - Ditjenbun Kementan
Pohon pala. - Ditjenbun Kementan

Bisnis.com, BANDA ACEH - Forum Pala Aceh akan menanam serentak 50.000 batang pala pada 28 Desember 2014. Adapun, penanaman ini bersamaan dengan ulang tahun ke-70 Aceh Selatan sebagai sentra produksi, sekaligus untuk memecahkan rekor MURI.

Ketua Forum Pala Aceh Mustafril menyebutkan penanaman tersebut juga akan menandai fokus pengembangan produksi bibit pala sambutan (sambung pala Hutan). Tak hanya itu, pada tahun depan, Forum Pala juga akan mulai melakukan diversifikasi produk olahan berbasis pala dengan UMKM.

"Pada acara penanaman, 325 anggota Forpala Aceh akan ikut serta. Program pengembangan bibit pala sambutan merupakan program jangka panjang," ucap Mustafril, Sabtu (13/12/2014).

Sekretaris Daerah Aceh Selatan Harmaini mengatakan, akan mendukung produksi pala.

"Kami punya target untuk meningkatkan produksi pala di Aceh, selain mednorong terbukanya pasar yang lebih luas. Saat ini potensi permintaan pala dunia mencapai 30.000 ton per tahun dan terus meningkat," ujarnya.

Lebih lanjut, Harmaini mengatakan akan menjalin kerja sama dengan lembaga non pemetintah untuk memuluskan program peningkatan produksi pala. Selain itu, Anggota Komisi B DPRK Aceh Selatan Zamzami menjanjikan alokasi anggaran Rp15 miliar dari APBK 2015 untuk pengembangan pala di Aceh Selatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aceh rekor muri
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top