Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Basuki Tjahaja Purnama Ajak Perangkat Desa Berkunjung ke Pabrik Sido Muncul

Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama dan perangkat desa melakukan kunjungan ke pabrik jamu Sido Muncul di Klepu, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/12/2014).
Produsen jamu Sido Muncul Tbk./Bisnis.com
Produsen jamu Sido Muncul Tbk./Bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG - Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama dan perangkat desa melakukan kunjungan ke pabrik jamu Sido Muncul di Klepu, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/12/2014).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati beserta jajarannya bisa melihat langsung proses produksi pembuatan produk-produk di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul dan penjajakan untuk pengadaan bahan baku jamu.

Bupati Belitung Basuri T. Purnama mengatakan kunjungan itu bisa merealisasikan harapan untuk bisa mengirim hasil rempah-rempah bahan jamu atau pun alang-alang yang biasa tumbuh liar di daerah bekas tambang timah yang banyak berada di Belitung Timur.

"Kami ajak perangkat desa supaya bisa menularkan pengetahuan kepada petani di sana. Bahan baku jamu yang dimiliki Belitung Timur bisa dikembangkan menjadi produk jamu," papar Basuri yang disapa Yuyu ini, Jumat (12/12/2014).

Bupati memaparkan Indonesia kaya tanaman obat. Oleh karena itu, kata dia, masyarakat harus mampu secara mandiri mengolah dan memaksimalkan pemanfaatan bahan alam. Yuyu mengatakan dari produk jamu yang biasa dinilai produk sederhana tetapi pengerjaannya benar-benar dipikirkan dengan mengedepankan tradisi, ilmu dan teknologi.

"Ke depan, produk jamu yang berkualitas tentu mengutamakan kebersihan, kualitas dan penelitian khasiat produk-produk yang dihasilkan," ujarnya.

Presiden Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Irwan Hidayat mengatakan perusahaan selalu mengedepankan proses produksinya dengan standar Good Manufacturing Practice (GMP) dan mengacu nilai nilai aman dan rasional.
"Kami juga telah mendapatkana sertifikat ISO 17025 untuk laboratorium," papar Irwan.

Dia mengatakan kunjungan Bupati Belitung diharapkan dapat menjalin kerjasama dalam pasokan bahan baku. "Jika bahan jamu di Belitung harganya lebih kompetitif, kami siap melakukan kerja sama berkelanjutan. Bahkan, kalau harganya lebih murah kami bisa membangun pabrik di sana," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper