Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sulsel Peringati Hari Korban 40.000 Jiwa

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memperingati Hari Korban 40.000 Jiwa Rakyat Sulsel ke-68 dengan menggelar upacara bendera di Monumen Korban 40.000 Jiwa di Jl Langgau, Makassar.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Peringati Hari Korban 40.000 Jiwa/JIBI
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Peringati Hari Korban 40.000 Jiwa/JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR--Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memperingati Hari Korban 40.000 Jiwa Rakyat Sulsel ke-68 dengan menggelar upacara bendera di Monumen Korban 40.000 Jiwa di Jl Langgau, Makassar.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo bertindak sebagai inspektur upacara yang juga dihadiri Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, Ketua DPRD Makassar Farouk M. Betta, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Fery Abraham, Dandim 1408 Letkol Deny Sukwara, serta camat, lurah dan para veteran.

Syahrul mengatakan bahwa peringatan tersebut perlu dihayati dan diwariskan nilai perjuangannya terutama kepada pemuda, dengan cermin semangat dan kebulatan tekad yang mendarah daging.

"Peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa Rakyat Sulsel ke-68 ini membangkitkan spirit dan motivasi. Bukan hanya sekedar seremonial,” kata Syahrul dalam rilis yang diterima Bisnis, Kamis (11/12/2014).

Tantangan kedepan lanjutnya, bukan lagi fisik tetapi bagaimana berkompitisi dalam prestasi untuk kemajuan bangsa.

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menganalogikan negeri ini seperti bangunan. Ada fondasinya, yang terdiri dari batu dan tiang pancang. Kaitannya dengan peristiwa korban 40.000 jiwa Sulsel adalah, suatu tiang pancang yang kuat yang bisa membuat negara ini berdiri.

"Korban 40.000 jiwa itu adalah nilai sangat kuat dalam nilai perjuangan bangsa lewat Sulsel," kata Danny, sapaan akrabnya.

Menurutnya, semangat pengorbanan yang perlu dipetik pada peringatan korban 40.000 adalah, mereka rela mengorbankan jiwa raga bersama warga melawan sekutu.

"Walau melawan dengan senjata lengkap, namun mereka semangat dan rela mengorbankan jiwa demi kemerdekaan,"ujarnya.

Sementara itu, usai upacara rombongan yang dipimpin Danny Pomanto melanjutkan ziarah kubur ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikkang. Di TMP, Ketua DPRD Sulsel Moh. Roem memimpin upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Wiwiek Dwi Endah
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper