Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo IV Siapkan Rp1,5 Triliun Unjtuk Makassar New Port

PT Pelindo IV menyatakan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 triliun yang akan dikucurkan pada tahun depan untuk pembangunan megaproyek Makassar New Port.

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelindo IV menyatakan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 triliun yang akan dikucurkan pada tahun depan untuk pembangunan megaproyek Makassar New Port.

Menurut Direktur Keuangan Pelindo IV Budi Revianto, dana tersebut keseluruhan bersumber dari kas internal perseroan yang juga diperuntukkan dalam mendukung konsep tol laut.

Kendati demikian, lanjutnya, proses pengerjaan proyek MNP masih menunggu keputusan Kementerian Perhubungan terkait izin dan skema pendanaan mega proyek strategis tersebut.

"Ada beberapa skim yang disiapkan Kemenhub, tetapi kami berharap Pelindo IV tetap menjadi eksekutor maupun investor tunggal dalam MNP," katanya kepada Bisnis, Minggu (30/11/2014).

Menurutnya, Kemenhub tengah meninjau ulang proyek tersebut untuk merevisi luasan dan lokasi pembangunan serta skema pembiayaan MNP yang diestimasi menalan dana secara keseluruhan sekitar Rp7 triliun.

Dengan kondisi tersebut, kata Budi, Pelindo IV belum bisa memulai pengerjaan fisik MNP terlebih keputusan penunjukkan perseroan sebagai investor tunggal belum dikeluarkan Kemenhub.

Adapun, MNP merupakan bagian dari kerangan MP3EI Koridor IV Sulawesi yang direncanakan bakal dibangun dengan tiga tahapan pengerjaan fisik.

Budi menjelaskan, dana sebesar Rp1,5 triliun yang akan segera dikucurkan pada tahun depan itu akan digunakan untuk reklamasi lahan, pembangunan dermaga, lapangan penumpukan serta infrastruktur dasar dan alat bongkar muat.

Selain itu, perseroan juga telah menjalin komitmen dengan sejumlah perbankan dalam mendapatkan pinjaman untuk pendanaan proyek secara keseluruhan.

"Sehingga keputusan Kemenhub diharapkan bisa segera keluar, apalagi kami juga siap jika nantinya ditunjuk sebagai investor tunggal MNP," kata Budi.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahru Yasin Limpo menyatakan telah membahas MNP dengan Presiden Joko Widodo dalam forum pertemuan gubernur se-Indonesia yang digelar beberapa waktu lalu.

Menurutnya, komitmen pemerintah pusat bahkan telah diperoleh seiring dengan rencana ground breaking proyek tersebut pada tahun depan.

"Presiden sudah menginstruksikan kementerian terkait untuk mendukung ini, desain dan konsep MNP juga sudah saya presentasekan ke presiden," beber Syahrul.

Di sisi lain, Pemprov Sulsel juga telah menganggarkan sebesar Rp50 miliar untuk mendukung pembangunan infrastruktur dasar ke lokasi MNP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper