Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Inilah Asal Usul Nama Jatinegara Jakarta

Jatinegara sebagai kawasan cukup luas yang merupakan kecamatan di Jakarta Timur. Dikenal karena terdapat banyak pasar dan juga stasiun kereta api Jatinegara.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 25 November 2014  |  00:36 WIB
Monas
Monas

Bisnis.com, JAKARTA-Jatinegara sebagai kawasan cukup luas yang merupakan kecamatan di Jakarta Timur. Dikenal karena terdapat banyak pasar dan juga stasiun kereta api Jatinegara.

Tempatnya memang strategis dan memiliki nilai historis karena tidak bisa dipisahkan dari sejarah kota Batavia di masa kolonial Belanda.

Asal usul nama Jatinegara diambil dari Jatina Nagara yang berarti simbol perlawanan Kesultanan Banten terhadap kolonial Belanda saat itu. Pada abad ke-17, Jatinegara merupakan permukiman para pengeran kesultanan Banten.  

Selanjutnya Cornelis Senen, seorang guru agama Kristen yang berasal dari Banda, Maluku pada 1661 membeli tanah di daerah aliran sungai Ciliwung itu.

Zaenuddin HM, dalam buku karyanya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, terbitan Ufuk Press pada Oktober 2012, menjelaskan sebagai guru dan kepala kampung, Cornelis diberi gelar Meester.

Semenjak dibangunnya Jalan Raya Daendels, tanah yang dimiliki oleh Cornelis secara partikelir itu berkembang pesat menjadi pemukiman dan pasar yang ramai, hingga kemudian masyarakat menyebutnya dengan Meester Cornelis atau Mester.

Pada abad ke-19, Meester Cornelis merupakan kota satelit (gemeente) Batavia yang terkemuka, Meester Cornelis juga merupakan ibu kota dari kawedanan Jatinegara yang melingkupi Bekasi, Cikarang, Matraman, dan Kebayoran.

Pada 1 Januari 1936, pemerintah kolonial menggabungkan wilayah Meester ke dalam bagian kota Batavia.

Nama Jatinegara baru muncul pada 1942, saat Jepang menduduki Indonesia, yaitu ketika nama Meester dianggap terlalu berbau Belanda diganti menjadi Jatinegara.

Jatinegara populer hingga sekarang, meskipun banyak juga orang yang masih menyebut tempat itu Mester.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta buku
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top