Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA MINYAK DUNIA ANJLOK: Venezuela Minta Digelar Pertemuan OPEC dan Non-OPEC

Venezuela telah meminta pertemuan OPEC dan negara-negara non-OPEC untuk mengatasi penurunan harga minyak, yang menambah kesengsaraan pemerintah Presiden Nicolas Maduro yang sedang kekurangan uang.
Presiden Nicolas Maduro. /Bisniss.com
Presiden Nicolas Maduro. /Bisniss.com

Bisnis.com, CARACAS - Venezuela telah meminta pertemuan OPEC dan negara-negara non-OPEC untuk mengatasi penurunan harga minyak, yang menambah kesengsaraan pemerintah Presiden Nicolas Maduro yang sedang kekurangan uang.

Dengan harga minyak mentah Brent kurang dari US$80 per barel, turun lebih dari 25% sejak Juni, Venezuela dan banyak produsen minyak utama lainnya merasa terjepit.

"Kami sudah mengkoordinasikan pertemuan khusus OPEC dan negara-negara non-OPEC untuk segera digelar guna mengambil keputusan dalam mempertahankan harga minyak dan pasar minyak dunia," kata Maduro dalam pidato televisi, Senin (17/11/2014).

Dia menyatakan, "Kami mempertahankan industri kami, minyak kami, hidup kami."

Venezuela bergantung pada ekspor minyak mentah untuk 96% dari mata uang asing, dan krisis harga telah menambah sakit kepala pemerintah yang sedang kesulitan menghentikan inflasi yang merajalela dan kekurangan parah pada pangan dan obat-obatan yang bergantung pada uang minyak untuk mengimpornya.

Venezuela dan Ekuador telah secara terbuka menyerukan OPEC, kartel penghasil minyak beranggotakan 12-negara, untuk melakukan pemotongan produksi dalam upaya menopang harga.

Tetapi sikap negara-negara OPEC terpecah tentang pengurangan produksi.

Arab Saudi, produsen utama dunia, telah mengurangi harga ekspor minyak mentah ke AS dalam sebuah langkah yang dilihat oleh beberapa analis sebagai upaya untuk mempertahankan pangsa pasarnya karena menghadapi persaingan dari meningkatnya produksi minyak serpih di Amerika Serikat.

Booming minyak yang diekstrak dari serpih batu di AS telah membantu menciptakan pasokan global membanjir dan harga lebih rendah.

Maduro mengatakan Menteri Luar Negeri Venezuela Rafael Ramirez sedang tur ke berbagai negara penghasil minyak, mendorong pemerintah mereka untuk mengambil tindakan guna menaikkan harga.

Tur termasuk ke Aljazair, Qatar, Iran dan anggota non-OPEC, Rusia.

Maduro menyoroti Rusia, yang hubungannya dengan AS sangat genting atas krisis di Ukraina, mengumumkan rencananya untuk pertemuan.

Dia mengatakan telah mengambil langkah yang "karena hubungan yang luar biasa kami dengan Rusia dan semua negara-negara OPEC dan non-OPEC."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper