Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT G-20: Tony Abbott Jamu Tamu dengan Menu Barbeque

Perdana Menteri Australia Tony Abbott menjamu para kepala negara dan kepala pemerintahan yang hadir dalam Pertemuan Puncak Kelompok 20 (G20) ke-9 di Gedung Parlemen, Brisbane, dengan menu barbeque saat santap siang.
Ilustrasi - Presiden RI Jokowi & Sekjen PBB Ban Ki-moon di KTT Asean./Antara
Ilustrasi - Presiden RI Jokowi & Sekjen PBB Ban Ki-moon di KTT Asean./Antara

Bisnis.com, BRISBANE - Perdana Menteri Australia Tony Abbott menjamu para kepala negara dan kepala pemerintahan yang hadir dalam Pertemuan Puncak Kelompok 20 (G20) ke-9 di Gedung Parlemen, Brisbane, dengan menu barbeque saat santap siang.

Di halaman dalam Gedung Parlemen yang terletak di Jalan George dan Alice itu, para kepala negara dan kepala pemerintahan itu makan bersama di bawah satu tenda putih besar yang terisi beberapa meja bundar berlapis kain linen putih dengan masing-masing enam kursi di sekelilingnya.

Abbott tampak terlebih dahulu memasuki halaman tengah itu seraya bercakap-cakap dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) muncul setelah ketiga tokoh tersebut. Ia tampak berjalan bersama Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Sedangkan Perdana Menteri Inggris David Cameron berjalan bersama rekan satu benuanya, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi. Selama makan siang Presiden Jokowi tampak duduk di samping Presiden Tiongkok.

Di halaman tengah Gedung Parlemen itu terdapat tiga tenda putih yang terbuka keempat sisinya, yaitu dua tenda besar dan satu tenda kecil.

Tenda besar pertama berisi tempat duduk para pemimpin negara sedangkan tenda besar kedua berisi pilihan jamuan makan siang. Sementara itu tenda kecil yang terletak tidak jauh dari tenda besar itu berisi dua pemain gitar akustik yang menghibur para pemimpin negara itu selama mereka menikmati hidangan santap siang.

Untuk mengatasi cuaca terik di Brisbane, empat buah kipas angin besar ditempatkan di setiap sudut tenda besar yang berisi meja-meja para pemimpin negara tersebut.

Berdasarkan keterangan tertulis panitia G20, menu jamuan santap siang itu disiapkan oleh juru masak populer Brisbane, Ben O'Donoghue dari Billy Cart Kitchen di Annerley.

Melalui masakannya O'Donoghue yang juga seorang presenter televisi dan penulis buku itu memperkenalkan menu barbeque ala Australia pada dunia melalui para tokoh nomor satu itu.

Untuk hidangan pembuka O'Donoghue menyajikan aneka variasi salad, termasuk asparagus yang dipanggang, aneka kacang-kacangan, alpukat, brokoli, zaitun, udang, tiram dan saus mayonnaise jeruk nipis serta keju susu kambing.

Sementara itu menu utama terdiri atas ikan trout, kambing, lobster serta udang. Menu khas Australia itu kemudian ditutup oleh makanan penutup tradisional Australia yaitu pavlova. Pavlova adalah camilan manis yang terbuat dari krim gula dan buah-buahan.

Kepakaran O'Donoghue di bidang menu barbeque tak diragukan di Australia. Ia bahkan mendedikasikan buku terbarunya, "Ben's Barbeque Bible", khusus untuk membahas barbeque.

Sepanjang makan siang, para pemimpin negara itu dihibur oleh musik klasik dari duo gitaris, Grigoryan Brothers.

Duo bersaudara itu, Slava and Leonard Grigoryan, telah menuai pujian sejak melakukan tur pada 2002.

Pertemuan puncak G20 yang digelar 15-16 November ini merupakan kali pertama Presiden Jokowi hadir untuk mewakili Indonesia. Selain anggota tetap G20, pada pertemuan puncak kali ini Australia juga mengundang ketua Uni Afrika Mauritania, Ketua ASEAN Myanmar dan Selandia Baru serta Senegal, Singapura dan Spanyol.

Sementara itu anggota G20 adalah Argentina, Australia, Brazil, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Russia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper