Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Manufaktur, Masih Jadi Urat Nadi Perekonomian Banten

Syech Suhaimi Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Banten mengatakan sektor industri manufaktur merupakan the leading economic sectors. Sektor ini menurutnya memiliki peran yang sangat penting dalam sebagian besar proses pembangunan di Provinsi Banten.
Industri baja andalan Banten/Bisnis
Industri baja andalan Banten/Bisnis

Bisnis.com, TANGERANG--Syech Suhaimi Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Banten mengatakan sektor industri manufaktur merupakan the leading economic sectors. Sektor ini menurutnya memiliki peran yang sangat penting dalam sebagian besar proses pembangunan di Provinsi Banten.

Nilai tambah yang dihasilkan dari manufacturing industry, menurutnya berkontribusi paling besar dibandingkan sembilan sektor ekonomi lainnya. Hal itu terlihat dari nilai total produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku Banten yang mencapai Rp244,55 triliun pada 2013, di mana 45,58% atau Rp111,46 triliun berasal dari sektor industri pengolahan.

Menurutnya, dari 15 jenis industri manufaktur besar dan sedang, delapan jenis industri pada kuartal III/2014 mengalami penurunan pertumbuhan, sementara tujuh jenis industri lainnya masih mendapatkan pertumbuhan produksi yang positif.

Sementara itu, Jaih Ibrohim Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Provinsi Banten mengatakan, pada periode ini industri barang logam bukan mesin dan peralatannya mendapatkan pertumbuhan paling tinggi dengan 8,41%.

Pertumbuhan ini, menurutnya efek dari pemberlakuan Peraturan Pemerintah No. 32/2009 tentang Tempat Penimbunan Berikat.

"Regulasi ini mengatur tempat atau kawasan yang memenuhi persyaratan tertentu digunakan untuk menimbun barang impor atau hasil produksi yang berasal dari tempat lain untuk ekspor mendapatkan penangguhan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor (PDRI)," ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (4/11/2014).

Menurutnya, lokasi tempat penimbunan berikat berada di Kota Cilegon. Dengan demikian, pertumbuhan positif produksi barang logam bukan mesin dan peralatannya diperkirakan akan berlangsung untuk jangka panjang seiring dengan pemberlakukan PP tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper