Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesta 10.500 Lampion di Tenggarong Pecahkan Rekor MURI

Bisnis.com,Tenggarong, Kaltim Pesta lampion yang digelar memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tenggarong ke 232, sukses pecahkan rekor MURI.
Pesta Lampion di Tenggarong
Pesta Lampion di Tenggarong

Bisnis.com, Tenggarong, Kaltim - Pesta lampion yang digelar memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tenggarong ke 232, sukses pecahkan rekor MURI, Sabtu (18/10/2014) malam.

Sebanyak 10.500 lampu lampion dilepas ke udara tepatnya di depan Kantor Bupati Kutai Kartanegara Kaltim. Langit malam itu di kota Raja, Tenggarong dipenuhi cahaya lampion dan menjadi daya tarik bagi masyarakat. Bupati Kukar Rita Widyasari pertama kali yang memulai acara pelepasan lampion didampingi Sekda Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Salehuddin dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar Sri Wahyuni.

Pelepasan lampion disusul pula seluruh komunitas yang memadati halaman Kantor Bupati. Kegiatan pelepasan lampion diikuti sebanyak 8.531 orang dari berbagai komunitas yang ingin ambil bagian dari sejarah pencapaian rekor MURI. 

Acara ini didukung penuh oleh Bank Pembangunan Daerah Kaltim Cabang Tenggarong. "Kami akan menambah terus jumlah lampion tiap tahunnya. Tahun lalu, 5.500 lampion dilepas di udara dan mencatat rekor MURI. Lalu, 2014 ini, kami mendatangkan 10.500 lampion langsung dari Jakarta," kata Vicky Pujo Rahmanto, Pimpinan BPD Kaltim Cabang Tenggarong.

Lampion diterbangkan dengan cara menyalakan api pada sumbu parafin yang terdapat dalam kertas tipis lampion. Gas parafin akan membuat lampion itu terbang seperti balon udara. Ribuan warga tumpah ruah di jalanan menyaksikan lampion.

Kendaraan roda empat dan roda dua menutupi ruas jalan daerah sekitar ke Kantor Bupati. Para pedagang makanan dan minuman menuai untung karena dagangan mereka laris diserbu pembeli. Suasana akhir pekan di Tenggarong menjadi indah dan romantis dengan gemerlap cahaya lampion.

Banyak  warga yang mengabadikan momen pelepasan lampion itu lewat kamera digital dan kamera ponsel mereka. Acara pesta lampion ini dimeriahkan pula penampilan grup lokal Otre yang berasal dari komunitas OI Kukar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper