Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nova Riyanti Luncurkan Buku Tentang Kesehatan Jiwa

Nova Riyanti Yusuf mengeluarkan buku terbarunya yang berisi tentang pengalaman teritorialnya mengawal UU Kesehatan Jiwa, selama lima tahun menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014.
 Nova Riyanti Yusuf meluncurkan bukunya yang ke-11, bercerita tentang kesehatan jiwa. (Rahmayulis Saleh)
Nova Riyanti Yusuf meluncurkan bukunya yang ke-11, bercerita tentang kesehatan jiwa. (Rahmayulis Saleh)

Bisnis.com, JAKARTA - Nova Riyanti Yusuf mengeluarkan buku terbarunya yang berisi tentang pengalaman teritorialnya mengawal UU Kesehatan Jiwa, selama lima tahun menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014.

Buku berjudul A Rookie & The Passage of The Mental Health Law The Indonesian Story, tersebut disiapkannya hanya dalam waktu dua pekan sejak, padal awal September 2014.

"Saya benar-benar serius dan sibuk menyiapkan buku tentang kesehatan jiwa ini," ungkap perempuan yang akrab disapa NoRiYu ini saat ditemui di sela-sela peluncuran bukunya di Jakarta, Jumat (10/10/2014).

UU Kesehatan Jiwa tersebut disahkan pada 8 Juli 2014. "Buku ini menjadi jawaban atas banyaknya pertanyaan mengenai cara memulai inisiatif sebuah undang undang," ujar mantan Wakil Ketua Komisi IX DPR, yang juga inisiator UU Kesehatan Jiwa.

Perempuan kelahiran Palu, 27 November 1977 ini, menuturkan politik bisa menjadi alat perjuangan untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik, asal dibarengi dengan niat, kerja keras, dan semangat yang tak pernah kendor.

"Buku ini sengaja ditulis dalam bahasa Inggris. Ini adalah cara menunjukkan rasa nasionalisme, berupaya menghapus stigma Indonesia sebagai pelanggar HAM, dengan bicara mengenai upaya serius negara meniadakan pelanggaran HAM kepada orang-orang dengan gangguan jiwa," kata dokter spesialis ilmu kedokteran jiwa (psikiater) dari FKUI ini.

Nova menuturkan buku yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama ini, juga tersedia dalam format e-book, dan dijual di Amazon.com.

"Buku ini juga dijual dalam bentuk cetak dengan sistem print on demand (POD), melalui situs web gramediana.com. Untuk versi Bahasa Indonesia akan tersedia di toko-toko buku mulai Januari 2015," kata Nova dan mengatakan buku ini dalam menyambut Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2014.

Dia mengaku pengalamannya dalam mengawal UU Kesehatan Jiwa telah membuka kesempatan baru baginya.

Satu dari 5 Most Powerful Women versi Majalah Her World Indonesia ini, diundang menjadi peserta program visiting scholar dan research scientist di Harvard Medical School, Department of Global Health and Social Medicine mulai Januari 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper