Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisman ke Sulsel Naik 30% Setiap Tahun

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Selatan terus mencatatkan peningkatan seiring dengan promosi wisata secara berkelanjutan.

Bisnis.com, MAKASSAR - Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Selatan terus mencatatkan peningkatan seiring dengan promosi wisata secara berkelanjutan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Djufri Rahman mengatakan tren kunjungan wisatawan dalam beberapa tahun terakhir berada pada kisaran 20% hingga 30%.

Menurutnya, promosi wisata yang dilakukan pada beberapa negara di regional Asia dan Eropa menjadi salah satu penopang pertumbuhan turis asing ke Sulsel.

"Memang turis asing yang datang Sulsel masih di dominasi negara Asean seperti Malaysia dan Singapura, tetapi negara lain terutama Eropa naiknya juga cukup tinggi," katanya, Senin (6/10/2014).

Selain itu, lanjut Djufri, langkah ekspansi sejumlah maskapai yang membuka ataupun menambah frekuensi penerbangan internasional dari Makassar menopang arus wisatawan asing ke Makassar.

Berdasarkan data BPS Sulsel, kunjungan wisatawan asing ke Sulsel sejak Januari hingga Agustus 2014 telah mencapai 9.865 orang.

Dari angka kunjungan tersebut, wisatawan asal Malaysia mendominasi dengan komposisi hingga sekitar 40% terhadap total kunjungan turis asing ke Sulsel.

Angka kunjungan tertinggi terjadi pada Agustus lalu di mana wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulsel sebanyak 1.625 orang.

Realisasi kunjungan itu meningkat hingga 46,93% dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebanyak 1.106 orang.

Masih pada Agustus, pergerakan wisatawan asing tersebut ikut mendongkrak tingkat hunian kamar atau okupansi hotel di Makassar yang bergerak naik 3,82 poin.

Okupansi rata-rata seluruh hotel di Makassar pada Agustus lalu mencapai 45,49% dengan kecenderungan paling tinggi pada hotel dengan klasifikasi bintang lima mencapai 54,52%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper