Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMILIHAN PIMPINAN MPR: Atas Permintaan DPD, Ditunda Hingga Besok

MPR menunda rapat paripurna pemilihan pimpinannya untuk periode 2014-2019 yang semula dijadwalkan pada Senin (6/`10/2014) mulai pukul 19.30 WIB menjadi Selasa (7/10/2014) mulai pukul 10.00 WIB.
Logo Majelis Permusyawaratan Rakyat/Bisnis.com
Logo Majelis Permusyawaratan Rakyat/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--MPR menunda rapat paripurna pemilihan pimpinannya untuk periode 2014-2019 yang semula dijadwalkan pada Senin (6/`10/2014) mulai pukul 19.30 WIB menjadi Selasa (7/10/2014) mulai pukul 10.00 WIB.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arya Bima, mengatakan, penundaan rapat paripurna tersebut karena permintaan DPD  akan memutuskan satu nama untuk diusulkan pada dia paket calon pimpinan MPR.

"Sebanyak 10 fraksi di DPR akan mengusulkan dua paket calon pimpinan MPR yakni paket yang diusulkan oleh anggota Koalisi Merah Putih (KMP) serta paket yang akan diusulkan oleh anggota Koalisi Indonesia Hebat (KIH),"  ujarnya, Senin petang seperti dikutip Antara.

Sementara itu, DPD pada rapat paripurna, Rabu (1/10/2014), mengusulkan sembilan nama untuk dipilih oleh dua kekuatan di DPR.

Menurut Arya, karena DPD meminta penundaan hingga Selasa, maka 10 fraksi di DPR RI menentukan sikap apakah pemilihan paket calon pimpinan MPR RI tetap dilakukan pada Senin malam ini atau ditunda hingga Selasa.

Dari penentukan sikap tersebut, katanya, hanya empat fraksi dari KMP yang tetap meminta rapat paripurna pada malam ini, yakni Fraksi Partai Golkar (FPG), Fraksi Gerindra, Fraksi Partai Demokrat (FPD), serta Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN).

Dua fraksi anggota KMP memilih mengikuti fraksi-fraksi dari KIH untuk ditunda hingga selasa, yakni Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Sedangkan, empat fraksi anggota KIH yang menyetujui penundaan adalah, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa  dan Fraksi Hanura.

Menurut Arya, karena ada enam fraksi dari 10 fraksi yang setuju penundaan sehingga pemilihan paket calon pimpinan MPR RI ditunda hingga Selasa  mulai pukul 10.00 WIB.

Dia menjelaskan, waktu yang tersisa  pada  malam ini akan dimanfaatkan oleh PDI Perjuangan dan partai-partai anggota KIH untuk melakukan lobi-lobi di antara partai-partai yang ada di DPR.

Menurut informasi yang  diperoleh Bisnis, paket calon pimpinan MPR dari KMP adalah, Syarih Hasan atau Nurhayati Ali Assegaf (FPD), Mahyuddin dari DPG, Hidayat Nur Wahid (FPKS), Zulkfli Hasan (FPAN)  dan seorang lagi dari unsur DPD).

 Adapun paket calon pimpinan MPR dari KIH adalah satu nama dari DPD RI, Syarif Hasan (FPD), Agun Gunanjar (FPG), Ahmad Basarah (FPDIP), dan Bachtiar Aly (F-Nasedem)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper