Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Atasi Kemacetan, Tangsel Undang Investor Bangun LRT

Pemerintah Kota Tangerang Selatan mebuka kesempatan seluas-luasnya kepada investor yang berminat membangun moda transportasi light rapid transit di wilayahnya.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 25 September 2014  |  17:46 WIB
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, TANGSEL-Pemerintah Kota Tangerang Selatan mebuka kesempatan seluas-luasnya kepada investor yang berminat membangun moda transportasi light rapid transit di wilayahnya.

Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Selatan, mengatakan sudah ada beberapa investor dari dalam dan luar negeri yang datang ke kantoranya menyampaikan keinginan membangun ligh rapid transit (LRT).

“Kami mempersilahkan [invetor membangun LRT] sepanjang mengikuti aturan yang ada dan menggunakan dananya sendiri,” katanya di Balaikota Tangsel, Kamis (25/9/2014).

Menurutnya, Pemkot Tangsel sudah menyiapkan rencana tata ruang wilayah yang dapat menjadi acuan bagi investor yang akan membangun infrastruktur transportasi di wilayahnya.

Beberapa investor yang datang memaparkan konsepnya mengenai pembangunan LRT, baik yang dibangun melayang di atas bahu jalan maupun yang terintegrasi dengan stasiun kereta api.

Dia menjelaskan Pemkot membuka kesempatan kepada investor yang berminat membangun infrastruktur transportasi di wilayah Tangsel dengan syarat harus menyiapkan sendiri dananya.

Sebab, lanjutnya, Pemkot Tangsel belum memiliki alokasi anggaran untuk membangun proyek tersebut.

Sebelumnya diberitakan Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menginginkan dibangun LRT yang mengintegrasikan wilayah Kota Tangerang, Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang.

Sejumlah investor yang menawarkan rencana dan konsep pembangunan LRT tersebut antara lain datang dari China, Malaysia dan PT Jakarta Monorail.

Para investor tersebut telah membuat kajien rute LRT yaitu mulai dari Summarecon, Alam Sutera, Tangcy, Mall Balai Kota hingga Poris.

Sementara pihak Pemerintah Kota Tangerang berharap rutenya LRT memenuhi akses ke kecamatan Cibodas, Karawaci, Cipondoh, Karang Tengah, Ciledug, dan Pinang sampai Larangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi kemacetan tangsel
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top