Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Slamet Semburkan Sinar Api & Lava Pijar, Warga Diimbau Waspada

Sinar api dan lontaran lava pijar yang dikeluarkan Gunung Slamet pada Ahad dini hari (7/9) dilaporkan terlihat dengan jelas dari Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bisnis.com, BANYUMAS - Sinar api dan lontaran lava pijar yang dikeluarkan Gunung Slamet pada Ahad dini hari (7/9) dilaporkan terlihat dengan jelas dari Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Sinar api dan lontaran lava pijar itu mulai terlihat pada Sabtu (6/9), sekitar pukul 23.55 WIB. Selanjutnya pada pukul 00.10 WIB terjadi lagi," kata Kepala Dusun Limpakuwus, Wasirun, Ahad.

Lntaran lava pijar itu terlihat cukup tinggi dan terjadi hampir setiap 10 menit sekali hingga pukul 02.00 WIB.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa warga setempat tetap tenang saat melihat adanya lontaran lava pijar yang cukup tinggi.

"Semalam cuacanya memang cukup cerah sehingga lontaran lava pijar itu terlihat jelas dari Limpakuwus," katanya.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA), Slamet Sudrajat mengatakan sinar api dan lontaran lava pijar pasti dapat terlihat dengan jelas pada malam hari asalkan cuaca cerah sehingga puncak Gunung Slamet tampak dari kejauhan.

"Gejala-gejala yang selama ini muncul sudah sampai di permukaan, tetapi kalau suplai baru kelihatannya belum tertangkap atau tidak tertangkap, hanya yang lama-lama saja berupa gempa tremor yang menerus dengan frekuensi rendah. Artinya, sumber gempa sudah ada di atas," katanya.

Ia mengatakan gempa tremor yang terekam seismograf itu dapat berupa pelepasan gas atau bisa pula berupa aliran fluida yang sudah di atas.

"Jarang tapi bergerak-gerak. Makanya, berfrekuensi rendah," jelasnya.

Berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di PPGA Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, pada Sabtu (6/9) pukul 18.00-00.00 WIB, Gunung Slamet terhalang kabut.

Saat cerah, teramati 51 kali sinar api setinggi 50-400 meter dan 13 kali lontaran material/lava pijar setinggi 100-400 meter dari puncak Gunung Slamet, serta terdengar 23 kali suara dentuman dan 17 kali suara gemuruh.

Sedangkan kegempaan terekam 83 kali gempa embusan dan tremor menerus.

Sementara pada Ahad pukul 00.00-06.00 WIB, Gunung Slamet terhalang kabut namun saat cerah, teramati 17 kali sinar api setigggi 50-200 meter dari puncak serta terdengar tujuh kali suara dentuman dan tujuh kali suara gemuruh.

Adapun kegempaan terekam 65 kal gempa embusan dan tremor menerus.

Sehubungan dengan kondisi itu , status Gunung Slamet tetap "Siaga", sehingga masyarakat tidak boleh beraktivitas dalam radius 4 kilomter dari puncak.(ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper