Batu Perkuat Infrastruktur Kawasan Wisata

Pemkot Batu, Jawa Timur, melalui dinas pekerjaan umum, pengairan, dan bina marga setempat, memperkuat pembangunan infrastruktur jalan menuju kawasan obyek wisata Songgoriti.
M. Sofi’I
M. Sofi’I - Bisnis.com 03 September 2014  |  19:48 WIB

Bisnis.com, BATU--Pemkot Batu, Jawa Timur, melalui dinas pekerjaan umum, pengairan, dan bina marga setempat, memperkuat pembangunan infrastruktur jalan menuju kawasan obyek wisata Songgoriti.

Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum, Pengairan dan Bina Marga Kota Batu, Iwan Sufianto, mengatakan infrastruktur tersebut adalah pembangunan jalan di kawasan Klemuk yang menghubungkan kawasan wisata Songgoriti dengan wilayah kabupaten Malang bagian barat.

“Pembangunan jalan tersebut menelan anggaran sekitar Rp1,7 miliar,” kata Iwan, Rabu (3/9/2014).

Pembangunan jalan setinggi 20 cm dengan panjang 400 meter dan ketebalan 20 cm tersebut diharapkan bisa cepat selesai sehingga tidak ada keluhan bagi pengguna jalan.

Agar pembangunan cepat selesai, dinas pekerjaan umum sudah memasang papan larangan melintas. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak melewati jalan yang menghubungkan Batu dengan kecamatan Pujon kabupaten Malang tersebut.

“Pelarangan sifatnya hanya sementara agar tidak mengganggu jalan proses pembangunan,” jelas dia.

Terkait larangan melintas pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan dinas perhubungan komunikasi dan informasi (dishukominfo) kota Batu maupun Polres Batu.

Pembangunan jalan Klemuk sendiri ditarget selesai pengerjaan selama 120 hari terhitung sejak Surat Perintah Kerja (SPK) diterbitkan yakni mulai 1 September.

“Dari target yang ditetapkan itu harapannya pengerjaan jalan bisa berjalan maksimal dan tidak menimbulkan keluhan warga,” ujarnya.

Titut Pujiari, Ketua Paguyuban Villa Songgoriti Kota Batu, mengatakan  perbaikan jalan tersebut akan meningkatkan akses wisata ke Songgoriti maupun kota Batu.

Pasalnya jalan tersebut merupakan pintu masuk menuju kota Batu dari arah Kediri dan Jombang. Sehingga keberadaannya dinilai cukup strategis utamanya dalam memecah kemacetan pada waktu musim libur panjang.

“Sebagai daerah wisata tentunya faktor infrastruktur menjadi syarat utama. Mnegingat selama ini kondisi jalan Klemuk memang kurang kondusif. Jika infrastruktur buruk dampaknya wisatawan enggan datang ke Songgoriti,”  tambah dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kota batu, PARIWISATA

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top