Penduduk Miskin di Balikpapan Segera Disisir untuk Tujuan Ini

Badan Pusat Statistik akan melakukan pembaruan data penduduk sebagai basis data yang digunakan dalam program perlindungan sosial oleh pemerintah.
Rachmad Subiyanto | 02 September 2014 13:46 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Badan Pusat Statistik akan melakukan pembaruan data penduduk sebagai basis data yang digunakan dalam program perlindungan sosial oleh pemerintah.

Kepala BPS Kota Balikpapan Nur Wahid mengatakan pembaruan data tersebut akan mencakup 60% dari jumlah penduduk yang termasuk dalam kategori miskin dan hampir miskin.

Survei mulai dilakukan tahun ini dengan melakukan verifikasi nama kepada perangkat desa atau kelurahan termasuk kepada tokoh masyarakat.

“Tahun depan baru dilakukan survei door to door untuk menindaklanjuti data yang sudah ada,” ujarnya kepada wartawan, baru-baru ini.

Adanya data tersebut, lanjut Nur, akan mempermudah mengidentifikasi penerima program perlindungan sosial yang akan dibuat oleh pemerintah. Nantinya, data tersebut menjadi acuan penerima program disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan Sri Soetantinah mengaku belum mengetahui adanya rencana verifikasi data untuk penerima program perlindungan sosial oleh BPS.
Kendati demikian, dirinya mengapresiasi apabila pembaruan data tersebut dilakukan karena akan meningkatkan ketepatan penerima program perlindungan sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
balikpapan

Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top