Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT Ke-69 RI: Sebanyak 89 Penyelam Ikuti Upacara Bawah Laut di Sabang

Sebanyak 89 penyelam dari berbagai instansi dan komunitas mengikuti upacara 17 Agustus 2014 di bawah laut Pantai Gapang, Sabang, Aceh.

Bisnis.com, SABANG--Sebanyak 89 penyelam dari berbagai instansi dan komunitas mengikuti upacara 17 Agustus 2014 di bawah laut Pantai Gapang, Sabang, Aceh.

Berdasarkan data yang diperoleh Bisnis dari pihak panitia, sebelumnya terdapat 152 penyelam yang mendaftar. Kendati demikian hanya 89 penyelam yang melakukan registrasi ulang.

"Mungkin lebih dari 89 penyelam. Sekitar 100 orang, tapi selebihnya tidak mendaftar ulang," ujar Nunuk, panitia kesektariatan kepada Bisnis, Minggu (17/8/2014).

Beberapa instansi yang mengikuti upacara bawah laut yakni Badan SAR Nasional, TNI Angkatan Laut, komunitas Medan Scuba Diver, dan masyarakat di sekitar Sabang.

Peserta upacara kemudian dibagi menjadi lima kelompok yakni A,B,C,D, dan E bersama masing-masing komandan pleton. Upacara dilakukan di kedalaman 10 meter. Laksamana Pertama Pulung Prambudi Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut I Belawan Sumut bertindak sebagai inspektur upacara.

Berdasarkan pengamatan Bisnis, jarak pandang ketika upacara berlangsung hanya 5 meter. Pasalnya, upacara berlangsung di area berpasir halus yang rentan menghalangi pandangan jika tersapu kaki katak penyelam.

Upacara berlangsung selama sekitar 30 menit, dan diakhiri dengan menyanyikan beberapa lagu nasional ketika di permukaan laut seperti Indonesia Raya dan Maju Tak Gentar.

Upacara bawah laut merupakan salah satu dari rangkaian acara Aceh Diving Championship 2014. Kegiatan lainnya yakni Lomba Fin Swimming 3.000 meter dan Orientasi Bawah Laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper