Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komentar Putin Kerek Naik Saham Rusia

Pasar saham Rusia terdongkrak selama 5 hari menyusul komentar Vladimir Putin, Presiden Rusia yang berkomitmen untuk melakukan segala cara menghentikan konflik di Ukraina.

Bisnis.com, LONDON—Pasar saham Rusia terdongkrak selama 5 hari menyusul komentar Vladimir Putin, Presiden Rusia yang berkomitmen untuk melakukan segala cara menghentikan konflik di Ukraina.

Micex Index meningkat 0,6% menjadi 1.407,52 di Moskwa sedangkan rubel menguat 0,3% ke posisi 35,89 per dolar, membalas pelemahan 0,3% sebelumnya. Tidak hanya itu, imbal hasil obligasi dengan tenor 10 tahun melaju signifikan sejak 2010.

Adapun, indeks bursa saham Rusia menunjukkan performa terbaiknya selama 3 bulan terakhir dan yield obligasi 10 tahun melorot 8 basis poin menjadi 9,32%, memutus rantai penurunan pekan ini menjadi 58 basis poin.

“Rusia tidak seharusnya mengisolasi dirinya dari dunia luar dan saya akan melakukan segala upaya untuk mengakhiri konflik di Ukraina,” tekan Putin di Moskwa, Kamis (14/8).  

Di samping itu, saham  beberapa perusahaan yang terkena sanksi AS antara lain OAO Sberbank, bank terbesar di Rusia, meningkat  1,3% dan VTB Group naik 1,2%.  

“Komentar Putin itu bagus dan mendukung berakhirnya krisis geopolitik ini. Konflik ini sama sekali tidak menguntungkan pihak manapun,” tekan Neil Shearing, Ketua Ekonom Emerging Market Capital Economics di London.  

Pada saat yang sama, pemerintah Ukraina membuka pintu lebar-lebar untuk bantuan kemanusia dari Rusia, asalkan didistribusikan oleh Red Cross di wilayah-wilayah yang masih disengketakan kedua belah pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper