Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah, Sulawesi Utara Ekspor Tepung Kelapa ke Korsel

Provinsi Sulawesi Utara berhasil mengekspor 48 ton tepung kelapa ke Korea Utara pada pekan terakhir Juni 2014.

Bisnis.com, MANADO – Provinsi Sulawesi Utara berhasil mengekspor 48 ton tepung kelapa ke Korea Utara pada pekan terakhir Juni 2014.

"Ada sebanyak 48 ton tepung kelapa diekspor ke Korsel menghasilkan sumbangan devisa sebesar 42.000 dolar Amerika Serikat (AS)," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olvie Atteng, seperti dikutip Antara, Senin (4/8/2014).

Pasar Korsel membutuhkan tepung kelapa dalam jumlah cukup besar dan ini dibaca pengekspor daerah dengan mulai melakukan pengiriman komoditas itu, sekaligus menjadi salah satu unggulan Sulut.

Negara sahabat ini, katanya, sudah dikenal sebagai pasar potensial bagi komoditas unggulan Sulut, hanya saja untuk tepung kelapa ataupun produk turunan kelapa merupakan pasar baru.

"Tepung kelapa yang diekspor ke negara tersebut telah melalui proses pengolahan dilakukan pabrik pengolah di Sulut," katanya.

Dia mengatakan tepung kelapa sangat diminati negara tersebut, kendati banyak masyarakat yang tidak memanfaatkan produk turunan kelapa itu.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Tahi Siregar mengatakan pihaknya akan terus memfasilitasi petani kelapa dan eksportir agar terus berinovasi dengan produk turunan kelapa.

"Produk turunan kelapa jika dikembangkan akan memberikan ratusan produk namun di Sulut saat ini yang diekspor baru minyak kelapa kasar, minyak goreng, kopra, bungkil dan tepung kelapa," jelasnya.

Ke depan, kata Tahi, produk turunan kelapa asal Sulut semakin banyak dengan tujuan ekspor yang terus berkembang. Selain tepung kelapa, juga minyak kelapa tetap berperan sebagai komoditas ekspor unggulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper