Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGGELAPAN PAJAK: Hak Kehormatan Tokoh Politik Spanyol Dicabut

Salah satu tokoh politik demokrasi yang paling menonjol dari Spanyol akan kehilangan hak kehormatan setelah dia mengatakan dia menyembunyikan kekayaan pribadi dari petugas pajak Spanyol selama tiga dekade.
Presiden Catalunya  Artur Mas berbicara dalam  konferensi pers di Palau de la Generalitat, yang mengumumkan mantan  president Jordi Pujol  mundur dari posisi politik  dan salaries, di Barcelona pada 29 Juli 2014/Reuters
Presiden Catalunya Artur Mas berbicara dalam konferensi pers di Palau de la Generalitat, yang mengumumkan mantan president Jordi Pujol mundur dari posisi politik dan salaries, di Barcelona pada 29 Juli 2014/Reuters

Bisnis.com, MADRID - Salah satu tokoh politik demokrasi yang paling menonjol dari Spanyol  akan kehilangan hak kehormatan setelah dia mengatakan dia menyembunyikan kekayaan pribadi dari petugas pajak Spanyol selama tiga dekade.

Partai Nasionalis Catalan  Convergencia i Unio (CIU), saat ini memimpin drive kemerdekaan, mengatakan pada  Selasa bahwa tokoh 84 tahun Jordi Pujol akan kehilangan perannya sebagai  ketua pendiri partai, serta ketua kehormatan. Dia juga akan dilucuti dari pembayaran pensiun dan kantor  oleh partai.

Skandal itu, pada saat kesulitan ekonomi yang mendalam bagi banyak orang Spanyol, menambah krisis kepercayaan di politisi setelah munculnya puluhan skandal korupsi dalam beberapa tahun terakhir.

Berita itu juga memalukan bagi Artur Mas, kepala  pemerintah daerah Catalan, yang akan bertemu Perdana Menteri Mariano Rajoy pada  Rabu untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu tahun untuk membahas kebuntuan atas referendum tidak mengikat pada status Catalonia  di  Spanyol.

Catalonia telah bentrok dengan Madrid untuk menjadwalkan referendum tidak mengikat pada kebangsaan 9 November, meningkatkan hackles di seluruh negeri.  Madrid mengatakan referendum adalah ilegal dan tidak akan pergi ke depan.

Mas, yang mengumumkan bahwa Pujol akan dicabut gelarnya, mengatakan langkah tersebut menyebabkan dia "sakit besar ... Jordi Pujol adalah  ayah politik saya."

Pujol adalah tokoh yang sangat dihormati yang menjadi boneka untuk nasionalisme Catalan setelah menjalankan pemerintah daerah dari  1989 sampai 2003 ia mendapat lebih banyak dana untuk wilayah ini selama masa jabatannya sebagai kepala pemerintah daerah sebagai imbalan atas dukungan parlemen  minoritas pemerintah kiri dan kanan Madrid   setelah berakhirnya  kediktatoran Franco.

Dia mengakui pada  Jumat lalu ia gagal membayar pajak atas kekayaan yang diwariskan  dengan  mengatakan mungkin mengalami ratusan juta euro. Pujol belum memberikan angka.

Media setempat mengatakan skandal itu dipublikasikan menjelang kemungkinan lebih memalukan dari investigasi yang diumumkan oleh otoritas peradilan.

Dua putra Pujol, yang juga politisi, sedang diselidiki oleh hakim untuk korupsi dan pengaruhnya dalam perdagangan.

Sebuah tindakan keras di atas penipuan pajak dalam upaya untuk mengurangi  defisit publik Spanyol akan membawa  wajah lain yang terkenal ke pengadilan, itu muncul pada  Senin, pemain Barcelona dan Argentina  Lionel Messi, yang dituduh menyembunyikan € 4.100.000 dari otoritas pajak .

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper