Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumut Siapkan Pasukan Pengamanan Lebaran

Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho menyiapkan pasukan pengamanan Idul Fitri melalui Operasi Ketupat 2014. Adapun, pasukan Operasi Ketupat terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Sumut, SAR.
Ilustrasi angkutan mudik 2014. Gubsu Siapkan Pasukan Pengamanan Lebaran.
Ilustrasi angkutan mudik 2014. Gubsu Siapkan Pasukan Pengamanan Lebaran.

Bisnis.com,  MEDAN--Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho menyiapkan pasukan pengamanan Idul Fitri melalui Operasi Ketupat 2014. Adapun, pasukan Operasi Ketupat terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Sumut, SAR.

Adapun, untuk memastikan kesiapakn pasukan Operasi Ketupat di Sumut pada tahun ini, Gatot mengadakan apel di Lapangan Merdeka. Apel ditujukan untuk menyiapkan seluruh elemen pasukan operasi dari sisi kemampuan, hingga perlengkapan sebelum turun ke lapangan melakukan pengamanan.

"Pada apel kali ini kami melakukan pengecekan dari hal-hal mendasar, sehingga rencana yang sudah dirancang matang dapat diimplementasikan secara optimal. Kami ingin kondisi dan kenyamanan masyarakat pada Idul Fitri benar-benar dirasakan masyarakat," ujarnya, di sela-sela apel, Senin (21/7/2014).

Gatot memproyeksikan menjelang Lebaran pada tahun ini, jumlah arus pemudik di Sumut meningkat hingga 7%. Peningkatan tersebut akan diikuti oleh potensi rawan kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas.

Tak hanya arus pemudik, peningkatan aktivitas juga akan terjadi pada tempat ibadah, pusat perbelanjaan hingga tempat wisata di seluruh Sumut. Hal ini akan meningkatkan mobilitas masyarakat.

Apalagi, lanjut Gatot, Lebaran pada tahun ini cukup dekat dengan penetapan presiden dan wakil presiden Ri terpilih oleh KPU sehingga potensi konflik meningkat.

"Oleh karena itu, kami ingin meminimalisasi potensi rawan kecelakaan dan kriminal. Polri dan TNI serta instansi terkait telah bersiap menggelar Operasi Ketupat selama 16 hari mulai besok (22/7/2014) hingga 6 Agustus. Untuk pelaksanaan pilpres, saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung keamanan dan ketertiban," tambah Gatot.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Anthony Siahaan telah menyebarkan surat edaran untuk pengamanan ketertiban dan keselamatan lalu lintas serta angkutan menjelang Lebaran.

Adapun, pengemudi dan operator angkutan harus melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan dan pengemudi. Dishub Sumut juga telah menyiapkan posko pengaduan dan istirahat di seluruh terminal, stasiun, serta kantor dishub di kabupaten dan kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper