Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengiriman Logistik dari Tanjung Emas Bakal Melonjak 30% Jelang Lebaran

Pengiriman logistik menggunakan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang selama masa Idulfitri diperkirakan melonjak hingga 30% akibat peningkatan produksi sejumlah pabrik.
Peti kemas/Bisnis.com
Peti kemas/Bisnis.com
Bisnis.com, SEMARANG - Pengiriman logistik menggunakan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang selama masa Idulfitri diperkirakan melonjak hingga 30% akibat peningkatan produksi sejumlah pabrik.
 
Ketua Indonesia National Ship Owners Association (INSA) Jawa Tengah M Ridwan memastikan kesiapan kapal untuk memenuhi kebutuhan lonjakan itu, dari biasanya hanya sekitar 240 kontainer akan meningkat 300 –315 kontainer per hari.  
 
“Rata-rata penggunaan 1,5 kapal per hari dengan volume 240 –250 kontainer. Tidak akan ada penambahan kapal karena masih bisa menampung lonjakan volume yang diperkirakan 20% - 30%,” ujarnya dihubungi Bisnis, Senin (7/7/2014). 
 
Dia menuturkan pada awal Ramadan sejumlah pabrik khususnya makanan olahan seperti roti dan bahan minuman juga produk tekstil menggenjot produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar . 
 
Peningkatan volume barang pabrik selain untuk memenuhi kebutuhan pasar sekaligus merupakan upaya perusahaan dalam mengantisipasi keterbatasan produksi ketika masa lebaran karyawan diliburkan.
 
“Tren pengiriman logistik yang meningkat merupakan dampak permintaan pasar, stok dan pemadatan produksi-distribusi sebelum H-3 Lebaran,” katanya. 
 
Volume kontainer yang melonjak dan langkah untuk memperlancar bongkar muat telah dikoordinasikan INSA dengan otoritas pelabuhan Tanjung Emas khususnya Terminal Peti Kemas sehingga bisa mengantisipasi terjadinya penumpukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper