Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONFLIK AGRARIA: Meningkat Jelang Pilpres

Kriminalisasi, intimidasi dan tindakan represif (kekerasan) terhadap masyarakat semakin meningkat menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.
Konflik agraria. Meningkat menjelang Pilpres/Antara
Konflik agraria. Meningkat menjelang Pilpres/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Kriminalisasi, intimidasi dan tindakan represif (kekerasan) terhadap masyarakat semakin meningkat menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

"Konflik agraria dan sumber daya alam yang tidak terselesaikan hingga saat ini justru dijawab dengan pengerahan aparat yang berlebihan, intimidasi, dan penangkapan,"  ujar Manager Kampanye  Eknas Walhi Kurniawan  Sabar, di Jakarta, Senin (30/6/2014) seperti dikutip Antara 

 

Ironisnya, menurutnya,  kondisi yang sangat tidak demokratis ini justru terjadi menjelang perhelatan demokrasi bagi seluruh masyarakat Indonesia yakniPemilihan Presiden 2014-2019 pada 9 Juli mendatang.

Namun hingga kini, lanjutnya, belum ada tanggapan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ataupun seluruh pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai calon pemimpin Indonesia yang tentunya juga akan bertanggung jawab atas masalah yang akan terus berlanjut di masa pemerintahan yang baru.

Berdasarkan pantauan WALHI, KPA, KONTRAS, AGRA, PIL-NET, SPKS, dan IHCS dalam Juni  saja ada beberapa kasus dimana warga mendapat tindakan kekerasan, intimidasi, dan kriminalisasi terhadap masyarakat.

Di antaranya penggusuran paksa, penangkapan terhadap delapan orang dan kekerasan terhadap warga Karawang yang bersengketa dengan perusahaan properti mengakibatkan 11 warga terluka (Jawa Barat).

Selain itu, kriminalisasi enam orang masyarakat adat Tungkal Ulu Kabupaten Musi Banyu Asin di taman suaka marga satwa Danku (Sumatera Selatan), kriminalisasi dan penembakan yang mengakibatkan satu orang meninggal buntut berlarutnya kasus sengketa tanah antara warga dengan produsen minyak sawit sejak tahun 2003 (Kalimantan Tengah).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper