Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RAPP dan BPBD Riau Kerjasama Pencegahan Kebakaran Hutan

PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Asap Akibat Kebakaran Lahan menyusul ancaman kebakaran hutan dan lahan yang semakin meningkat memasuki musim kemarau panjang.
kebakaran hutan
kebakaran hutan

Bisnis.com, Pekanbaru – PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Asap Akibat Kebakaran Lahan menyusul ancaman kebakaran hutan yang semakin meningkat memasuki musim kemarau panjang tahun ini.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Posko Siaga Bencana Asap BPBD Riau pada Rabu (25/6) dan langsung disaksikan oleh Wakil Gubernur Riau, Arsyad Juliandi Rachman.

Direktur RAPP, Mulia Nauli mengatakan penandatangan MoU ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang mengancam kesehatan manusia dan lingkungan. Apalagi saat ini memasuki musim kemarau sehingga perusahaan siap mendukung penuh upaya-upaya untuk mencegah kebakaran hutan.

”Kami melihat pentingnya kolaborasi dengan pihak pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana asap ini. Sebagai wujud komitmen serius kami, perusahaan akan mengerahkan segala sumber daya yang ada dalam membantu pemerintah dan masyarakat untuk memadamkan api di lapangan,” kata Mulia sesuai penandatangnan kerjasama (26/6).

Mulia mengatakan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri pulp dan kertas dan menerapkan praktek terbaik dalam pengelolaan hutan tanaman industri (HTI), RAPP sudah menerapkan teknologi ekohidro di lahan gambut yang bisa menjadi salah satu model pencegahan kebakaran hutan di Riau.  RAPP menunjukkan komitmen seriusnya dengan mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan pemantauan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, termasuk penerapan no burn policy (kebijakan lahan tanpa bakar).

Kerjasama penanggulangan bencana ini juga termasuk memberikan bantuan pelatihan atau dalam kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, penyediaan satu unit helikopter, memberikan bantuan pemadaman kebakaran lahan dan hutan, serta membentuk 30 Masyarakat Peduli API (MPA) baru di 30 desa dan melakukan pelatihan bersama dengan BPBD Riau. Perusahaan juga siap memberikan bantuan perangkat pemadam pada tiap MPA.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper