Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT JAKARTA: Ini Daftar Pengalihan Rute Selama Jakarta Nite Festival Malam Ini (21/6)

Sehubungan diadakannya Jakarta Nite Festival (JNF) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke-487, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan pengaturan lalu lintas pada Sabtu malam mulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB.
Suasana Jakarta Night Festival 2013
Suasana Jakarta Night Festival 2013

Bisnis.com, JAKARTA --Malam ini, Sabtu (21/6/2014), hajatan bertema Jakarta Nite Festival akan berlangsung di Jakarta.

Sehubungan diadakannya Jakarta Nite Festival (JNF) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke-487, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan pengaturan lalu lintas pada Sabtu malam mulai pukul 16.00 hingga 01.00.

Jakarta Nite Festival akan diselenggarakan di sepanjang ruas Jalan MH Thamrin, yakni dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), mulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB.

"Konsepnya sama seperti kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang dilaksanakan setiap Minggu di sepanjang ruas MH Thamrin, dan pengunjung dilarang membawa kendaraan bermotor," kata Kepala Dishub DKI Muhammad Akbar di Jakarta, Sabtu.

Untuk itu, Dishub DKI bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan sejumlah pemotongan ruas jalan di sekitar lokasi acara.

Ada pemotongan ruas jalan terjadi di Jalan Majapahit (sisi timur), Jalan Veteran 3, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan (sisi utara dan selatan, kecuali menuju Sekretariat Wakil Presiden dan Kedubes Amerika Serikat), Jalan Museum, Jalan MH Thamrin (Bundaran Patung Kuda hingga Dukuh Atas) dan Jalan Budi Kemuliaan.

Penutupan jalan juga dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman (Dukuh Atas, Jalan RM Margono, BNI 46), Jalan Kebon Sirih (simpang Jembatan Serong hingga simpang Jalan Agus Salim/ Sabang), Jalan Wahid Hasyim (simpang Jalan Mas Mansyur hingga simpang Jalan Agus Salim/ Sabang), Jalan Kebon Kacang, Jalan Teluk Betung, Jalan Tanjung Karang dan Jalan Imam Bonjol (simpang Jalan Agus Salim).

"Penutupan jalan dilakukan secara bertahap mulai pukul 16.00 hingga 01.00 WIB. Penyaringan kendaraan sudah dimulai sejak pukul 16.00 WIB, yakni hanya kendaraan panitia dan tamu undangan VVIP yang masih diizinkan melintas. Penutupan total dilakukan pada pukul 17.00 WIB," ujar Akbar.

Dengan adanya penutupan tersebut, maka pihaknya telah menyiapkan sejumlah rute pengalihan, antara lain pengalihan dari arah utara ke selatan, yaitu melalui Harmoni-Jalan Ir H Juanda-Jalan Suryopranoto-Jalan Cideng Timur-Jalan Mas Mansyur-Jalan RM Margono atau Karet Pasar Baru Timur-Jalan Galunggung-Landmark- Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya.

Pengalihan dari utara ke selatan bisa juga melalui Harmoni-Jalan Ir H Juanda-Jalan Pos-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan M Ridwan Rais-Tugu Tani-Jalan Menteng Raya-Jalan Cut Meutia-Jalan Sam Ratulangi-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Imam Bonjol-Jalan Pamekasan- Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya.

Sementara itu, untuk pengalihan dari arah selatan ke utara melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan RM Margono/ Karet Pasar Baru Timur-Jalan Mas Mansyur-Jalan Cidng Barat-Jalan Cideng Timur-Jalan Jatibaru-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Harmoni dan seterusnya.

Atau, bisa juga melalui Jalan Jenderal Sudirman-Jalan RM Margono/ Karet Pasar Baru Timur-Jalan Galunggung-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Wahid Hasyim-Jalan Menteng Raya-Jalan M Ridwan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Jalan Kathedral-Jalan Ir H Juanda-Harmoni dan seterusnya.

Dishub DKI juga telah menyiapkan sejumlah lokasi parkir, yakni khusus parkir motor di Lapangan Parkir IRTI Monas yang dapat diakses melalui Jalan Medan Merdeka Barat hingga Jalan Medan Merdeka Selatan sisi utara dan lapangan parkir Polda Metro Jaya yang dapat diakses melalui Jalan Gatot Subroto atau Jalan Senopati hingga Kawasan SCBD.

Selain itu, parkir kendaraan pengunjung juga bisa dilakukan di area parkir Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng dan fasilitas parkir off-street (gedung atau mall) yang terdapat di sepanjang lokasi JNF. Sedangkan untuk parkir pejabat dan tamu VVIP diarahkan parkir di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper