Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN SBMPTN 2014: Peserta di Malang Jalani Pemeriksaan Metal Detector

Peserta tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Malang, Jawa Timur, sebelum memasuki ruangan tes diperiksa dengan menggunakan metal detector.

Bisnis.com, MALANG - Peserta tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Malang, Jawa Timur, sebelum memasuki ruangan tes diperiksa dengan menggunakan metal detector.

Bagian publikasi panitia lokal (panlok) Malang, Susantinah Rahayu mengakui pengawasan tes SBMPTN tahun ini memang lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya.

Setelah peserta lolos administrasi, peserta hanya diperkenankan membawa alat tulis saja ketika memasuki ruangan ujian.

"Selain itu, setiap 10 orang peserta tes diawasi oleh seorang pengawas atau rasio pengawas 1 banding 10. Pengawas yang diturunkan pada saat pelaksanaan tes SBMPTN sebanyak 3.280 orang dan kalau ditemukan kecurangan, kami akan membawa mereka ke kantor pusat pelaksana SBMPTN di Widyaloka," katanya.

Kepala Humas Universitas Brawijaya (UB) itu berharap seluruh peserta SBMPTN tepat waktu, sebab akan mempengaruhi penilaian peserta saat ujian. Pengawas akan mencatat seluruh kejadian pada saat ujian berlangsung, seperti keterlambatan, tak membawa persyaratan administrasi, bahkan alasan sepele pergi ke kamar kecil.

Menurut Susantinah, ujian diwajibkan berjalan tepat waktu dan apapun yang terjadi pada saat ujian, pengerjaan soal harus berjalan.

Oleh karena itu, tidak ada dispensasi waktu bagi para peserta yang terlambat, peserta yang terlambat lebih dari satu jam, tidak diperbolehkan masuk karena khawatir menganggu ujian.

Tes SBMPTN dimulai pukul 07.00 WIB untuk kelompok ujian Sains dan Teknologi dan Campuran, sedangkan kelompok ujian Sosial Humaniora dimulai pukul 09.45 WIB.

Jumlah peserta SBMPTN di tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Malang, yakni Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) dan Universitas Negeri Malang (UM) sebanyak 32.809 orang.

Pada saat pelaksanaan tes SBMPTN, calon mahasiswa yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan juga melakukan registrasi ulang.

Calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN di tiga PTN di Malang itu sebanyak 11.809 orang. (ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper