Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jembatan Teluk Balikpapan Layak Secara Ekonomis & Finansial

Pembangunan Jembatan Teluk Balikpapan dinilai layak secara ekonomi maupun finansial sehingga realisasinya kemungkinan besar bisa terwujud untuk membuka koneksi antara Balikpapan dan Penajam Paser Utara.
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 12 Juni 2014  |  15:45 WIB
Jembatan Teluk Balikpapan Layak Secara Ekonomis & Finansial

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Pembangunan Jembatan Teluk Balikpapan dinilai layak secara ekonomi maupun finansial sehingga realisasinya kemungkinan besar bisa terwujud untuk membuka koneksi antara Balikpapan dan Penajam Paser Utara.
 
Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim mengatakan pernyataan tersebut baru saja ia peroleh dari paparan pra feasibility study dengan konsultan dan PT Waskita Karya Tbk.

Dengan demikian, kata Mustaqim, tahapan pembangunan proyek tersebut masuk dalam penyusunan dokumen studi kelayakan (feasibility study).
 
“Nanti baru akan diketahui secara makro dan mikro kelayakan pembangunan Jembatan Teluk Balikpapan. Ini bukan ambisi dari Penajam Paser Utara tapi ini niat kami untuk membuka koneksi antara utara dan selatan yang terputus,” ujarnya dalam Diskusi Publik Pembangunan Jembatan Balikpapan - Penajam Paser Utara, Kamis (12/6).
 
Pemkab Penajam Paser Utara juga mempersiapkan empat persyaratan agar proyek tersebut bisa dimulai tahun ini.

Keempat persyaratan tersebut yakni dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), penyesuaian dengan rencana tata ruang dan tata wilayah (RTRW), dokumen izin pemanfaatan ruang (IPR) serta surat persetujuan penetapan lokasi pembangunan (SP2LP).
 
Mustaqim menegaskan apabila seluruh dokumen tersebut lengkap, proyek pembangunan jembatan sepanjang 5,7 kilometer tersebut bisa dimulai setelah lelang dilakukan.

“Mudah-mudahan tidak meleset. Rencana kami Oktober sudah groundbreaking. Kalau dokumen administrasi lengkap akan lebih cepat,” katanya.
 
Mustaqim mengaku optimistis pembangunan Jembatan Teluk Balikpapan itu bisa terealisasi mengingat potensi manfaat yang bisa diperoleh dua daerah.

Balikpapan akan mendapatkan tambahan areal lahan karena ketersediaan ruang yang masih cukup luas di Penajam. Sebaliknya, Penajam mendapatkan keuntungan dari imbas konektivitas yang terbangun dengan Balikpapan.

Berdasarkan rencana awal, pembangunan jembatan ini memerlukan investasi senilai Rp5 triliun. Pemkab Penajam Paser Utara, Pemkot Balikpapan, Pemprov Kaltim dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. masing-masing akan memberikan share saham untuk pendanaan proyek tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jembatan pemkot balikpapan
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top