Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Pengangguran Kanada Meningkat

Tingkat pengangguran Kanada melonjak pada Mei. Peningkatan pertama tahun ini didorong oleh menurunnya tingkat pekerja penuh waktu di Kanada.

Bisnis.com, OTTAWA – Tingkat pengangguran Kanada melonjak pada Mei. Peningkatan pertama tahun ini didorong oleh menurunnya tingkat pekerja penuh waktu di Kanada.

Badan statistik Kanada merilis data yang mengangguran Kanada meningkat 7% dari 6,9%, meski pekerja paruh waktu tumbuh mencapai 25.800.

Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg News memproyeksikan tingkat pengangguran sebesar 6,9%.

Adapun pekerja penuh waktu Kanada jatuh 29.100 pada Mei, di saat jumlah total pekerja paruh waktu adalah 54.900. selama 12 bulan terakhir, para pekerja merasa mendapat keuntungan lebih saat melakukan pekerjaan paruh waktu.

Seperti diketahui, perekonomian Kanada tengah melambat terdampak dari ekstremnya cuaca dingin sejak kuartal I/2014.

Bank sentral Kanada pekan lalu menyampaikan akan mengupayakan peningkatan permintaan global dan menurunkan nilai dollar Kanada untuk memicu ekspor.

Pekan lalu, dollar Kanada jatuh 0,2% pascarilis laporan ketenagakerjaan.

“Namun berita tersebut tidak dijelaskan secara detil.” Kata ekonom CIBC Markets, Nick Exarhos di Toronto, Jumat (6/6). Exarhos mengatakan ia tidak bisa memahami bagaimana keuntungan yang didapat oleh pekerja paruh waktu.

Laporan yang sama menunjukkan tingkat pekerja sektor jasa dan industri meningkat 31.500 pada Mei, meningkat 21.500 pada sektor pendidikan dan akomodasi.

Pada laporan berbeda, Badan Statistik Kanada menyampaikan produktivitas pekerja menurun untuk pertama kalinya dalam kurun satu tahun, jatuh 0,1% dari peningkatan 1% pada Februari-April 2014

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper