Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ECB Bahas Penetapan Suku Bunga Negatif

Bisnis.com, FRANKFURT Para pengambil keputusan European Central Bank (ECB) mempersiapkan berbagai opsi mengenai penetapan suku bunga negatif bersyarat untuk likuiditas bank. melalui pertemuan yang akan digelar pada 5 Juni mendatang.
ECB/Reuters
ECB/Reuters

Bisnis.com, FRANKFURT – Para pengambil keputusan European Central Bank (ECB) mempersiapkan berbagai opsi mengenai penetapan suku bunga negatif bersyarat untuk likuiditas bank.  melalui pertemuan yang akan digelar pada 5 Juni mendatang.

Ada 44 dari 50 ekonom  yang disurvei oleh Bloomberg News memprediksikan ECB akan menjadi bank sentral pertama yang akan menetapkan tingkat suku bunga negatif.

Wakil presiden ECB, Vitor Constancio menyampaikan bahwa ECB tidak ingin tetus dibayang-bayangi risiko inflasi rendah.

“Kami siap mengambil langkah,” kata Constancio di Frankfurt, Jumat (30/5/2014).

Bank sentral Eropa tengah berpikir keras untuk menemukan cara mencegah ancaman deflasi, di saat perekonomian juga berjuang melawan kondisi pasca krisis utang.

Salah satu opsi yang mungkin dilakukan yaitu menahan penyerapan likuiditas yang muncul dari pembelian obligasi pada era krisis lalu, atau menawarkan kas tidak terbatas untuk mendorong pinjaman bank. Tindakan ini dinilai membantu mengatasi tekanan kredit yang masih menghambat pemulihan ekonomi di negara-negara bagian selatan Eropa.

Pekan lalu, Draghi menyampaikan kebijakan moneter harus bekerja penuh, jangan sampai ada hambatan pada pasokan kredit melalui sistem perbankan.

“Jika bank tidak memiliki dana tunai untuk memberikan pinjaman, kebijakan moneter dapat menjembatani hal tersebut,” ujarnya.

Menurut salah seorang dewan ECB yang tidak ingin disebutkan namanya, ECB saat ini sedang menyusun rencana operasi keuangan jangka panjang, namun detil mengenai biaya dan ukuran sesuai untuk pasokan kredit belum mencapai titik final.

Pekan lalu, Constancio menyampaikan jika nilai pasokan sudah ditentukan, keputusan akan ditetapkan pada pekan mendatang.

“Perhatian terbesar bank sentral adalah mengenai risiko yang mungkin timbul dari pertumbuhan lambat terus-menerus dan inflasi,” kata Contancio.

Menurut 32 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg, ECB mungkin akan memangkas tingkat deposito menjadi minus 0,1% dari yang berlaku saat ini yaitu 0%. Data inflasi dan tingkat pengangguran juga akan menjadi bahan pertimbangan para pengambil kebijakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper