Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBMPTN 2014: Pendaftar Diperkirakan 800.000 Peserta, Ditutup 6 Juni

Jumlah pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melonjak usai pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melonjak usai pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Terjadi peningkatan jumlah pendaftar, sekitar 10.000 dalam satu hari," ujar Ketua SBMPTN, Ganjar Kurnia.


Padahal, pada Senin jumlah pendaftar SBMPTN masih sekitar 130.000 siswa. "Diperkirakan akan semakin melonjak hingga 6 Juni nanti," katanya.

Ganjar memperkirakan SBMPTN 2014 akan diikuti oleh 800.000 peserta.

SNMPTN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa berdasarkan nilai rapor, nilai ujian nasional (UN) dan indeks sekolah. Panitia mengumumkan hasilnya pada 27 Mei lalu.

"Ada yang menarik, kalau SNMPTN lebih banyak perempuan yang lolos seleksi, sementara SBMPTN hasilnya fifty-fifty," jelas dia.

Hal itu menunjukkan anak perempuan lebih rajin belajar terbukti melalui seleksi dengan nilai rapor, sementara anak laki-laki justru lebih menyukai ujian tulis.

SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh PTN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tulis.

Pendaftaran SBMPTN dimulai 12 Mei hingga 6 Juni. Kegiatan seleksi dilangsungkan 17 Juni.

Berbeda dengan tahun lalu, biaya pendaftaran jurusan saintek, soshum, dan campuran sebesar Rp100.000. Tahun lalu biayanya mencapai Rp200.000.

"Kita dapat subsidi dari pemerintah sekitar Rp100 miliar, sehingga biaya bisa lebih murah," ujarnya.

Calon peserta harus mendaftarkan dulu ke panitia SBMPTN untuk mendapatkan pin dan baru bisa melakukan pembayaran ke bank yang ditunjuk.
(ant/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper