Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kecurangan Alat Ukur, Pelaku Usaha Nakal di Bekasi Segera Ditindak

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindag) Kota Bekasi siap menindak pelaku usaha yang melakukan kecurangan dalam menggunakan alat ukur dalam transaksi perdagangan dan jasa.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BEKASI - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindag) Kota Bekasi siap menindak pelaku usaha yang melakukan kecurangan dalam menggunakan alat ukur dalam transaksi perdagangan dan jasa.

Sanksi itu akan diterapkan seiring dengan penerapan pengujian kembali terhadap timbangan (tera ulang) pada 2015.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Kota Bekasi Herbert Pandjaitan mengatakan penerapan tera dan tera ulang dengan maksud melindungi konsumen yang kerap menggunakan timbangan atau alat ukur baik di pasar tradisional, pasar modern maupun penggunaan alat ukur pada jasa transportasi.

Pihaknya siap menindak oknum pelaku usaha yang nekad melakukan kecurangan.

“Pengujian ulang terhadap alat timbang ini untuk mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh pelaku usaha di masing-masing sektor perdagangan dan jasa,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (28/5/2014).

Herbert menambahkan selama ini kewenangan untuk mengecek alat timbang atau alat ukur dilakukan oleh Disperindag Provinsi Jawa Barat. Secara teknis, ujarnya, kewenangan tersebut akan dilimpahkan kepada Disperindagkop Kota Bekasi jika kesiapan SDM, peralatan dan kantor telah matang.

“Kami sudah menyiapkan kantornya. Aturan itu masih dibahas dalam peraturan daerah (perda) yang ditargetkan selesai tahun ini. Penerapannnya tahun depan [2015],” tutur Herbert.

Dalam penerapan tera dan tera ulang, kata dia, Disperindagkop Kota Bekasi jauh hari telah melakukan studi banding ke Pemkot Surabaya. Hasilnya, menurut Herbert, pihak dinas bersama tim melakukan persiapan dengan memilih sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper