FENOMENA ALAM: Ayo Tengok Langit Sekarang, Bulan Bercincin Sedang Muncul

"Lihat di atas, bulannya bercincin," kata Herman, warga Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Jumat (16/5) dini hari. Fenomena alam ini sempat menghentikan aktifitasnya yang sedang melintasi Jalan KH Mas Mansyur. Ia bersama rekan memilih berhenti dan mengabadikan peristiwa alam yang langka ini.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 16 Mei 2014  |  00:36 WIB
FENOMENA ALAM: Ayo Tengok Langit Sekarang, Bulan Bercincin Sedang Muncul
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - "Coba lihat di atas, bulannya tampak bercincin," kata Herman, warga Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Jumat (16/5) dini hari.

Fenomena alam ini langsung menghentikan aktivitas Herman yang sedang melintas Jalan Mas Mansyur.  Ia bersama rekannya memilih berhenti dan mengabadikan peristiwa ini lewat telepon pintar miliknya.

Memang secara telanjang, terlihat cincin yang mengitari bulan di langit malam ini, biasa disebut halo bulan.
Menurut kamus bebas wikipedia, fenomena halo baik di objek matahari atau bulan adalah terbentuknya lingkaran cahaya yang terjadi dan membuatnya tampak seperti bercincin.

Peristiwa ini juga kerap dikaitkan masyarakat dengan adanya kemungkinan akan terjadi suatu bencana di wilayah di mana terlihatnya fenomena halo tersebut.

Halo matahari dan bulan sering terjadi dan memang tidak bisa dikaitkan dengan peristiwa atau kejadian tertentu yang berlangsung setelah halo tampak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bulan, fenomena, cincin nebula

Editor : Yusran Yunus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup