Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CHAIRUL TANJUNG JADI MENKO PEREKONOMIAN: Rapat Koordinasi Tidak di Jakarta, Tapi di Daerah Pakai Pesawat Pribadi

Setelah diangkat menjadi Menko Perekonomian, Chairul Tanjung berencana mengubah tradisi rapat koordinasi perekonomian yang biasanya digelar di Jakarta.
Menko Perekonomian Chairul Tanjung/Bisnis.com
Menko Perekonomian Chairul Tanjung/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah diangkat menjadi Menko Perekonomian, Chairul Tanjung berencana mengubah tradisi rapat koordinasi perekonomian yang biasanya digelar di Jakarta.

CT akan membawa para menteri kabinet dengan pesawat pribadinya untuk menggelar rapat koordinasi di berbagai lokasi di daerah sesuai dengan permasalahan ekonomi yang dibahas.

“Metodologi rapatnya diubah, saya yang akan ke daerah. Jadi, gubernur, walikota, dan bupati tidak perlu ke Jakarta. Saya yang akan ke daerah,” kata Chairul di Kantor Presiden, Jumat (16/5/2014).

Dia yakin rapat koordinasi di daerah lebih efisien. Mekanisme tersebut akan memangkas pengeluaran perjalanan dinas karena jumlah pejabat pemerintah pusat yang berpergian ke daerah akan lebih sedikit daripada jumlah pejabat daerah yang harus menghadiri rapat di Jakarta.

Apalagi orang terkaya ke-3 Indonesia itu berencana membawa para menteri anggota kabinet menghadiri rapat di daerah menggunakan pesawat pribadinya. Namun, dia akan terlebih dulu berkonsultasi dengan KPK agar penggunaan fasilitas milik pribadi tersebut tidak dianggap melanggar hukum.

“Saya akan berkonsultasi dulu dengan KPK, boleh tidak saya pakai pesawat saya sendiri. Boleh tidak saya ajak menteri yang lain ikut,” kata Chairul.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini menunjuk Chairul sebagai Menko Perkeonomian menggantikan Hatta Rajasa.

SBY menganggap CT sebagai pilihan yang tepat untuk menempati posisi tersebut selama 5 bulan ke depan karena selama ini telah aktif dalam perencanaan ekonomi pemerintah sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper