Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HAJI 2014: Kemenag Mulai Seleksi Petugas Haji

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama mulai melakukan seleksi petugas haji 2014.

Bisnis.com, JAKARTA--Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama mulai melakukan seleksi petugas haji 2014.

Para petugas inilah yang akan  bertugas melayani jamaah haji Indonesia di Embarkasi Tanah Air, selama di Arab Saudi, dan ketika kembali lagi ke Tanah Air.

Untuk memperoleh petugas yang handal dan berkualitas, rekrutmen petugas dilakukan secara kompetitif dan kelulusannya didasarkan pada hasil tes seleksi.

“Tidak ada unsur kedekatan dalam proses rekrutmen petugas haji. Kelulusan murni ditentukan oleh hasil tes calon petugas,” tegas Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis.

Dia menngatakan hal itu saat membuka peltes calon petugas haji di Kanwil Kemenag Sumbar seperti dikkutip laman Kemenag, Kamis (13/5/2014).

“Rekrutmen ini diharapkan akan menghasilkan petugas haji yang handal, berkualitas dan memiliki integritas yang baik,” kata Sri.

Calon petugas haji yang direkrut terdiri dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

TPHI adalah petugas yang menyertai jamaah haji dalam kelompok terbang yang bertugas memberikan pelayanan umum bagi jamaah haji.

TPIHI adalah adalah petugas yang menyertai jamaah haji dalam kelompok terbang yang bertugas memberikan pelayanan bimbingan ibadah bagi jamaah haji.

Adapun PPIH adalah petugas haji yang memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah haji di Indonesia dan di Arab Saudi selama masa operasional penyelenggaraan ibadah haji.

“Rekrutmen petugas haji, baik TPHI, TPIHI, maupun PPIH dilakukan melalui seleksi administrasi, tes kompetensi, dan wawancara,” terang Sri Ilham.

Untuk memastikan bahwa proses rekrutmen berjalan dengan baik, pelaksanaan tes calon petugas haji ini diawasi oleh empat pengawas dari Tim Inspektorat Jenderal kementerian Agama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper