Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEJAHATAN SEKSUAL: Ketua DPR Minta Wajah Pelaku Tak Perlu Ditutupi

Ketua DPR Marzuki Alie meminta aparat kepolisian untuk tidak menutup-nutupi wajah para pelaku pelecehan seksual disertai kekerasan terhadap anak guna memberi efek jera bagi para pelakunya.
Jakarta International School (JIS)/Antara
Jakarta International School (JIS)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie meminta aparat kepolisian untuk tidak menutup-nutupi wajah para pelaku pelecehan seksual disertai kekerasan terhadap  anak guna memberi efek jera bagi para pelakunya.

"Biarkan saja pertontonkan mereka, biar masyarakat tahu siapa mereka. Kalau memang buktinya sudah kuat mengarah kepada para tersangka, tidak perlu lagi ditutupi,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Kamis (8/5/2014).

Menurutnya, pelaku korupsi saja dipertontonkan wajahnya agar publik bisa melihatnya. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk menutup-nutupi wajah mereka meski sebagain  menilai hal itu akan melanggar hak azasi manusia.

Maraknya kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak, ujarnya, menimbulkan kesadaran bahwa bangsa ini tidak mengantisipasi potensi kejahatan tersebut dengan memberikan perlindungan maksimal terhadap anak. Selama ini, sebagian besar masyarakat  beranggapan bahwa kehidupan anak  baik-baik saja.

 “Kasus seperti ini sudah kerap terjadi di belahan dunia lain.Kita terlalu berprasangka baik bahwa kehidupan anak-anak di lingkungan tempat tinggal maupun sekolah baik-baik saja,” ujarnya.

 Marzuki juga mengaku heran mengapa semua kejahatan seksual seolah-olah bermunculan bersamaan, padahal sebelumnya hampir tidak pernah terdengar. Politisi Demokrat itu mengharapkan agar kasus-kasus lain yang selama ini belum terbongkar dituntaskan karena bagaimanapun para korban kejahatan dan pelecehan seksual cenderung menjadi pelaku nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper