Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARDIKNAS 2014, Pendidikan Bukan Hanya untuk Selesaikan Persoalan Teknis

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh mengingatkan bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan-persoalan yang sifatnya sangat teknis dan bersifat kekinian semata, melainkan sebagai upaya memanusiakan manusia untuk peradaban unggul.
Mendikbud M. Nuh /bisnis.com
Mendikbud M. Nuh /bisnis.com

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh mengingatkan bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan-persoalan yang sifatnya sangat teknis dan bersifat kekinian semata, melainkan sebagai upaya memanusiakan manusia untuk peradaban unggul.

"Tema yang dipilih pada peringatan Hardiknas tahun 2014, ini yakni Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul,” kata Mendikbud dalam kata sambutan pada upacara Hari Peringatan Pendidikan Nasional di UGM seperti dibacakan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UGM Prof. Budi Santoso Wignyosukarto, Jumat (2/5/2014).

Menteri M. Nuh mengingatkan dua hal mendasar dalam dua pendidikan, yakni akses akses untuk mendapatkan layanan dan kualitas pendidikan.

Pertama, terkait dengan akses untuk mendapatkan layanan pendidikan yang mana akses tersebut dipengaruhi oleh ketersediaan dan keterjangkauan.

Beberapa kebijakan dan program seperti BOS untuk pendidikan dasar dan menengah, Bantuan Siswa Miskin, Pengiriman Guru untuk daerah terpencil, terdepan dan tertinggal melalui SM3T, Bantuan Operasional untuk Pergruan Tinggi Negeri (BOPTN), pendirian perguruan tinggi negeri baru dan sekolah berasrama merupakan sebagian dari upaya untuk meningkatkan akses secara inklusif dan berkeadilan.

"Alhamdullilah, kebijakan tersebut telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hasil itu ditandai antara lain dengan kenaikan Angka Partisipasi Kasar (APK) yang cukup tinggi dan lebih inklusif terutama di tingkat SMP/MTs, SMA/A/K dan Perguruan Tinggi", ujarnya.  

Kedua, terkait dengan kualitas yang dalam hal ini dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu ketersediaan dan kualitas guru, kurikulum dan sarana prasarana. Beberapa kebijakan dan program yang telah ditetapkan antara lain pendidikan dan pelatihan guru berkelanjutan, penerapan Kurikulum 2013 dan rehabilitasi sekolah rusak, baik rusak berat, sedang maupun rusak ringan.

Melalui penerapan kurikulum 2013 secara bertahap dan menyeluruh, tahun ajaran 2014/2015 menjadi momentum untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas guru, kepala sekolah, dan pengawas. Selain itu melalui penerapan kurikulum 2013 bisa sebagai momentum untuk melakukan penataan sistim perbukuan pelajaran. Harapannya dalam Hardiknas 2014, semua guru dan pemangku kepentingan lainnya secara bersama mensukseskan implementasi Kurikulum 2013.

"Insya Allah, melalui Kurikulum 2013, anak-anak menjadi memiliki kompetensi secara utuh yang mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Itu semua dilakukan dalam rangka mempersiapkan generasi emas, yaitu generasi yang kreatif, inovatif, produktif, mampu berpikir orde tinggi, berkarakter, serta cinta dan bangga menjadi warga bangsa Indonesia", imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper