Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tiga Wilayah Balai Benih Topang Pertanian Jateng

Tiga wilayah pengembangan benih mendukung pengembangan dan pembangunan sektor pertanian di Jawa Tengah.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 29 April 2014  |  10:40 WIB

Bisnis.com, SEMARANG--Tiga wilayah pengembangan benih mendukung pengembangan dan pembangunan sektor pertanian di Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Jateng Suryo Banendro menuturkan pengembangan benih dilakukan oleh balai benih tanaman pangan dan hortikulltura (B2TPH).

Pemprov Jateng melalui Dispertan TPH mengoordinir 3 balai benih meliputi wilayah Semarang mencakup sebaran di 9 kabupaten/kota, wilayah Surakarta meliputi 8 kabupaten/kota serta Banyumas di 7 kabupaten/kota.

"B2TPH Semarang terdapat 16 kebun benih, Surakarta 17 kebun benih dan Banyumas 11 kebun benih. Komoditas diusahakan berbeda-beda," ujarnya, Selasa ini.

Pembenihan yang diupayakan mencakup komoditas padi, hortikultura dan palawija yang secara total dikembangkan di area seluas 410 hektare yang tersebar di berbagai wilayah pembenihan.

Diantara lokasi pembenihan, kebun terluas berada di kebun Kandeman, Batang dengan luas 61 Ha untuk pembenihan hortikultura, disusul kebun Rowobelang Batang seluas 42 Ha juga untuk komoditas hortikultura.

Sedangkan pembenihan padi di kebun Gamer Pekalongan wilayah Banyumas seluas 12,8 Ha dan kebun Sonobijo Karanganyar wilayah Surakarta dengan luas pembenihan 12,3 Ha.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

benih sektor pertanian
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top