Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Roadmap Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan Aspac Diluncurkan

Roadmap menuju konsumsi dan produksi berkelanjutan di Asia dan Pasifik yang disebut The 10 Year Framework Program Roadmap Sustainble Consumtion and Production for Asia Pacific diluncurkan di Jakarta, (28/4/2014).
Kampanye hemat energi. Roadmap konsumsi dan produksi Aspac diluncurkan/JIBI
Kampanye hemat energi. Roadmap konsumsi dan produksi Aspac diluncurkan/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-- Roadmap menuju konsumsi dan produksi berkelanjutan di Asia dan Pasifik yang disebut “The 10 Year Framework Program Roadmap Sustainble Consumtion and Production for Asia Pacific” diluncurkan di Jakarta, (28/4/2014).

Roadmap pertama di dunia ini diluncurkan pertama kali di Asia pasifik bersamaan dengan pertemuan the ASEAN Forum on Sustainable Consumption and Production (SCP).

Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas, Kementerian Lingkungan Hidup Henry Bastaman menyampaikan Indonesia menyambut baik peluncuran roadmap ini.

"Roadmap ini akan merangkul dan menyatukan wilayah Asia Pasifik sebagai keluarga besar dalam perjalanan menuju Pembangunan Berkelanjutan, dengan dukungan dari Badan Lingkungan Hidup PBB dan mitra internasional," katanya seperti dikutip dalam siaran pers.

Presiden the Korea Environmental Industry and Technology Institute (KEITI) Yong - Joo Kim mengatakan The 10YFP Roadmap for Asia and the Pacific memiliki pedoman yang jelas untuk perubahan menuju penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan pola produksi dan konsumsi berkelanjutan untuk tahun-tahun mendatang.

"Republik Korea ingin mendukung pelaksanaan roadmap ini dan membantu penanganan kasus ekonomi untuk SCP. Kami berharap dapat menciptakan sinergi antara program SPP global dan kegiatan regional di bawah Roadmap," ujar ketua dari the 10YFP Sustainable Public Procurement (SPP) Program ini.

Selanjutnya, Direktur Kantor Regional UNEP untuk Asia dan Pasifik Kaveh Zahedi mengatakan Pada Rio Summit tahun 2013, para Kepala Negara mengakui perlunya tindakan mendesak pada pola produksi dan konsumsi berkelanjutan yang merupakan hal mendasar dalam menangani kelestarian lingkungan dan mempromosikan pertumbuhan global yang berkelanjutan, inklusif dan adil.

Oleh karena itu, Wilayah Asia Pasifik telah merubah visi ini menjadi agenda aksi yang jelas untuk memisahkan pertumbuhan dari penggunaan sumber daya dan degradasi lingkungan dan manfaat ekonomi, orang-orang dan negara-negara di wilayah ini.

Roadmap tersebut lengkap dengan indikator output dan komprehensif untuk arus utama SCP di berbagai sektor seperti pariwisata, bangunan dan konstruksi, pengadaan barang dan jasa, informasi keberlanjutan produk, gaya hidup dan pendidikan untuk konsumsi berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper