Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang Mulai Pangkas Pajak Korporasi Menuju 25%

Jepang akan memangkas pajak korporasi pada awal tahun fiskal mendatang sebesar 2 hingga 3 poin persen dan secara bertahap menurunkannya hingga 25% dalam beberapa tahun mendatang guna mendorong daya saing negara itu.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 22 April 2014  |  10:35 WIB
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Jepang akan memangkas pajak korporasi pada awal tahun fiskal mendatang sebesar 2 hingga 3 poin persen dan secara bertahap menurunkannya hingga 25% dalam beberapa tahun mendatang guna mendorong daya saing negara itu.

“Langkah pertama akan membuat pebisnis dalam dan luar negeri percaya bahwa Jepang serius,” ujar Norio Sasaki, vice chairman Toshiba Corp. yang juga anggota komisi reformasi perpajakan.

Pemotongan pajak bisa dilakukan secara bertahap sejauh arahnya jelas menuju level sekitar 25% sehingga cocok dengan negara Asia, ujarnya sebagaimana dikutip Bloomberg, Selasa (22/4/2014).

Pajak korporasi yang efektif di Jepang sekitar 36% dan merupakan yang kedua tertinggi di kelompok negara G-7 setelah AS. Sedangkan di Korea Selatan hanya sebesar 24% dan di Inggris 25%.

Sasaki mengatakan sangat penting melakukan reformasi perpajakan pada tahun fiskal mendatang meski pemotongan pertama kurang dari 5 hingga 10 poin sebagaimana disarankan oleh anggota panel pada tim kebijakan ekonomi Perdana Menteri Shinzo Abe.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pajak ekonomi jepang

Sumber : Bloomberg

Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top