Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILPRES 2014: Puan Cawapres, Elektabilitas Jokowi Merosot

Rumor seputar naiknya Puan Maharani menjadi calon wakil presiden (cawapres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ditanggapi oleh pengamat politik sekaligus dosen FISIP Universitas Indonesia, Arbi Sanit.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 19 April 2014  |  22:53 WIB
Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan, Puan Maharan - JIBI
Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan, Puan Maharan - JIBI

Bisnis.com, Jakarta- Rumor seputar naiknya Puan Maharani menjadi calon wakil presiden (cawapres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ditanggapi oleh pengamat politik sekaligus dosen FISIP Universitas Indonesia, Arbi Sanit.

Menurut Arbi, elektabilitas Jokowi akan menurun jika PDIP memasang Puan Maharani sebagai cawapres. “Harapan orang-orang, Jokowi memilih wakil yang tepat. Kalo pasangannya sama Puan, mending sama Rhoma Irama sekalian,” tuturnya kepada Bisnis, Sabtu (19/4/2014).

Arbi juga menuturkan bahwa diskusi mengenai Jokowi-Puan yang sering ia lakukan bersama anak-anak muda di lingkungannya menghasilkan respon keengganan para pemilih muda untuk berpartisipasi dalam pemilihan presiden 9 Juli mendatang.“Dampaknya, kemungkinan akan banyak yang golput,” Ujarnya.

Sebelumnya beberapa lembaga survei telah menyiarkan hasil dari pendapat masyarakat mengenai duet Jokowi-Puan. Hasilnya, pasangan ini hanya memperoleh 4% dari survei yang dilakukan lembaga survei Pusat Data Besatu (PDB) pimpinan Prof Didik J Rachbini.

Angka ini kalah jauh dibandingkan duet Jokowi-JK di tempat pertama sebesar 18%. Sementara itu, survei lainnya dari Indo Barometer mengukuhkan Jokowi-Hatta menjadi yang paling diinginkan masyarakat dengan perolehan 34,3%. feedback


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilpres 2014
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top