Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dirjen Hubdat Pimpin Koordinasi Angkutan Puasa dan Lebaran

Kementerian Perhubungan telah mulai melakukan koordinasi terkait penanganan angkutan jelang puasa dan lebaran. Koordinasi dilakukan untuk semua moda transportasi, baik laut, darat, udara, dan perkeretaapian.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan telah mulai melakukan koordinasi terkait penanganan angkutan jelang puasa dan lebaran. Koordinasi dilakukan untuk semua moda transportasi, baik laut, darat, udara, dan perkeretaapian.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Komunikasi Kemenhub Bambang S Ervan mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi di semua direktorat perhubungan.

Menurut Bambang, koordinasi itu telah menghasilkan kesepakatan dan kerangka kerja dalam penanganan angkutan saat memasuki bulan puasa dan lebaran, Juli nanti.

Pada tahun lalu, pemerintah melalui Kemenhub memberikan subsidi semua sektor perhubungan bagi para pemudik guna mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya.

Untuk Sektor Perhubungan Darat subsidi mencapai Rp8,640 miliar, Sektor Perhubungan Laut Rp7,425 miliar, dan Sektor Perkeretaapian Rp8,640 miliar.

Dari data jumlah pemudik di sektor darat dan penyeberangan, terdapat penurunan tren dari 2012 dengan 2013 sekitar 2,74%.

Menurut Bambang, dalam rapat koordinasi penanganan transportasi lebaran yang berlangsung beberapa waktu lalu itu, telah disepakati tenggat waktu penyelesaian persiapan.

"Tiap sektor memiliki waktu yang berbeda dalam lonjakan pemudik. Tapi sudah dikeluarkan SK [Surat Keputusan] terkait persiapan penanganan, kali ini akan dikoordinasi Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub," ujar Bambang kepada Bisnis, Kamis (27/3/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper