Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikopin Gandeng UT Gelar Pendidikan Jarak Jauh Mahasiswa Magang

Institut Koperasi Indonesia berkolaborasi dengan Universitas Terbuka melaksanakan sistem pendidikan jarak jauh untuk menyelesaikan pendidikan mahasiswa ilmu perkoerasian itu yang sedang menjalani program magang di berbagai negara.

Bisnis.com, JAKARTA—Institut Koperasi Indonesia berkolaborasi dengan Universitas Terbuka melaksanakan sistem pendidikan jarak jauh untuk menyelesaikan pendidikan mahasiswa ilmu perkoerasian itu yang tengah menjalani program magang di berbagai negara.

Burhanuddin Abdullah, Rektor Institut Koperasi Indonesia (Ikopin), menjelaskan kerja sama yang dituangkan melalui penandatanganan nota kesepahaman itu, sesuai dengan Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Koperasi (YPK) tentang mandat operasional Ikopin.

”Kerja sama ini telah disepakati kedua belah pihak untuk mengadakan kegiatan yang saling menguntungkan. Khususnya untuk mendukung proses pendidikan dan pembelajaran melalui sistem terbuka,” katanya kepada Bisnis, Jumat (21/3/2014).

Penandatanganan dilakukan di Kampus Ikopin, Jatinangor, Jawa Barat bersama Rektor Universitas Terbuka Tian Belawati, disaksikan Ketua Yayayasan Pendidikan Koperasi, Muhammad Taufiq bersama pejabat terkait dari kedua perguruan tinggi itu.

Meski demikian ada syarat-syarat tertentu yang diatur untuk dipatuhi kedua belah pihak. Kerja sama itu dimaksudkan memanfaatkan potensi, keahlian dan fasilitas yang dimi;liki masing-masing pihak untuk menyelenggarakan program pendidikan dengan sistem terbuka jarak jauh.

Perjanjian kerja sama berlangsung 10 semester sejak nota kesepahaman ditandatangani, Jumat (21/3/2014), dan kerja sama bisa diperpanjang sebelum atau sesudah kesepahaman berakhir. Jika tidak ada kesepakatan, maka kerja sama berakhir saat menyelesaikan 10 semester.

Muhammad Taufiq, mengatakan, kerja sama ini sangat strategis bagi Ikopin, karena mahasiswa mereka saat ini banyak mengikuti program magang di Jepang. Khususnya di perusahaan-perusahaan industri skala besar dan kecil.

”Setelah menjalani pendidikan di Ikopin dan selanjutnya mengikuti program magang di Jepang, selama ini mahasiswa tidak bisa menyelesaikan materi perkuliahan, dan menunggu mereka kembali ke Jatinangor untuk melanjutkannya,” papar Taufiq.

Melalui metoda program Universitas Terbuka yang menggunakan pola pembelajaran jarak jauh, Ikopin, tertarik memanfaatkannya terhadap mahasiswa yang tengah mengikuti program magang di Jepang. Ketika kembali dari Jepang, mahasiswa menyelesaikan pendidikannya tepat waktu.

Pasalnya, kata dia, mereka masih bisa mengikuti perkuliahan dengan menggunakan metoda Universitas Terbuka. “Sistem  ini sesegera mungkin diimplementasikan bagi mahasiswa di Jepang, dan ketika kembali ke tanah air, tidak harus mengulang di Ikopin.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper