Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandung Rintis Monorel Sampai Cimahi

Bappeda Jawa Barat sependapat bila rencana pembangunan monorel yang digagas Pemprov dimulai dari Kota Cimahi.

Bisnis.com, BANDUNG--Bappeda Jawa Barat sependapat bila rencana pembangunan monorel yang digagas Pemprov dimulai dari Kota Cimahi.

Kabid fisik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat, Linda Alamin mengatakan, rencana tersebut saat ini masih dalam tahap pematangan master plan.

"Proyek ini harus sinergis dengan kabupaten dan kota lainnya. Untuk itu, kami sudah menyiapkan draft MoU untuk sejumlah kepala daerah," katanya, Senin (17/3/2014).

Dirinya berharap proyek prestisisus tersebut berjalan sebelum pada 2018 mendatang. Untuk itu, pihaknya pun telah menyerahkan draft kepada masing-masing pemda.

"Kami setuju kalau Cimahi untuk pembangunan tahap pertama. Karena memang sangat diperlukan bisa saja mulai dibangun dari sini," ujar dia.

Sekretaris Bappeda Kota Cimahi, Hery Antasari mengungkapkan perencanaan pembangunan monorel Bandung Raya rencana pembangunannya akan menjadikan Cimahi dalam tahap pertama.

"Kota Cimahi wilayah yang terdekat dengan Kota Bandung dan memiliki indeks kemacetan yang sudah mencapai angka 1 yang berarti diam, serta Cimahi juga merupakan kota yang sama dengan Kota Bandung sebagai inti PKN (Pusat Kegiatan Nasional) cekungan Bandung," ujarnya.

Pemkot Bandung menargetkan lelang untuk proyek monorel bisa dilakukan akhir bulan ini.

Untuk mempersiapkan hal itu, pihaknya menyiapkan dokumen untuk proses lelang pembangunan monorel koridor I dan II sedang dipersiapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdi Ardia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper