Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

O-Renz Taxi Jajaki Kota Besar di Jatim

PT Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi) menjajaki pasar di kota-kota besar di Jawa Timur sebagai upaya pengembangan bisnis pelayanan transportasi.

Bisnis.com, SURABAYA – PT Serasi Transportasi Nusantara (O-Renz Taxi) menjajaki pasar di kota-kota besar di Jawa Timur sebagai upaya pengembangan bisnis pelayanan transportasi.

Iwan Hermawan Operation Manager Serasi Transportasi Nusantara mengatakan saat ini O-Renz taxi tengah melakukan studi terhadap pasar di beberapa kota di Jawa Timur seperti Malang, Sidoarjo, Gresik dan Lamongan.

“Kami selalu ada keinginan untuk terus berekspansi, dan selama semester I/2014 ini kami sedang melakukan survei potensi pasar di kota-kota itu,” katanya dalam Media Gathering, di Surabaya, Kamis (6/3/2014).

Dia menjelaskan dalam survei tersebut perusahaan akan melihat beragam potensi  kota dari segi  produk domestik brutto (PDB),  industri, fasilitas umum, potensi pariwisata, dan gaya hidup masyarakatnya.

Taxi O-Renz yang beroperasi di Kota Surabaya ini telah mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Sejak awal beroperasi pada 2005, O-Renz mengoperasikan 337 armada taxi, pada 2011 bertambah menjadi 637 unit, pada 2012 tumbuh menjadi 737 dan pada 2013 memiliki total 787 armada.

“Dari total armada sampai 2013 itu, 50 unitnya merupakan penambahan baru pada Desember 2013 dan penambahan itu akan dioperasikan tahun ini,” jelas Iwan.

Selain ingin menambah pasar di luar Kota Surabaya, O-Renz juga ingin kembali menambah armada untuk Surabaya seiring dengan permintaan pasar dan berkembangnya lokasi potensi seperti mal dan hotel.

“Dari armada yang kami miliki ternyata itu masih kurang, apalagi petumbuhan hotel-hotel di Surabaya cukup pesat.  Bahkan kabarnya ada 20 hotel kelas bintang 4 yang akan di bangun, jadi ini sangat potensial,” ujar Iwan.

Namun, lanjut Iwan, untuk menambah armada, pihaknya masuh harus menunggu izin dari Pemerintah Kota Surabaya dan kepastian infrastruktur yang harus matang.

Selama beroperasi, O-Renz Taxi memiliki 21% pasar yang diangkut dari tempat perbelanjaan atau mal serta hotel, sisanya dari ritel, rumah dan jalan umum.

Iwan mengatakan, berdasakan sebuah survei pasar yang dilakukan terhadap 200 responden, O-Renz memiliki 52 suara atau masih di bawah jumlah suara yang diperoleh taxi Blue Bird. Adapun saat ini Surabaya terdapat  3.600 armada taxi dari berbagai macam jasa transportasi.
 
Dia menambahkan, O-Renz berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan armada mengingat telah dipercaya masyarakat hingga memperoleh penghargaan seperti Service Quality  (SQ) Award 2009, Surabaya Service Excellence Award (SSEA) 2010 dan 2011, Surabaya SEA (Service Excellence Award) 2012 dan 2013.

“Sejak memperoleh sertifikat itu, kami harus bisa menjaga kepercayaan dari pengargaan-penghargaan ini.,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper