Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dam Haji Tamattu' Bisa Lebih Murah. Ini Penjelasannya

Sesuai kesepakatan Kementerian Agama dan DPR, komponen biaya Dam Haji Tamattu kini bisa lebih murah dan ditetapkan sebesar SAR475 per jamaah.

Bisnis.com, JAKARTA--Sesuai kesepakatan Kementerian Agama dan DPR, komponen biaya Dam Haji Tamattu’ kini bisa lebih murah dan ditetapkan sebesar SAR475 per jamaah.

Jumlah ini memang lebih murah dibandingkan harga pasaran normal kambing di Arab Saudi sebagaimana diinformasikan sebelumnya yang berada pada kisaran SAR490 – SAR500.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Anggito menjelaskan bahwa Dam Haji Tamattu’ bisa lebih murah karena jamaah haji Indonesia akan mendapatkan optimalisasi dari pembayaran ke IDB yang dilakukan secara kolektif.

“Harganya lebih murah? Kalau dikumpulkan menjadi satu, kita memperoleh optimalisasi dari IDB. Kalau kita menempatkan dana 3 bulan sebelumnya, mendapatkan bagi hasil,” jelasnya seperti dikutip laman Kementerian Agama, Rabu (5/3/2014).

Menurut Anggito, saat melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi, Menag menyampaikan secara langsung kepada pihak IDB untuk memberikan diskon kepada jamaah Indonesia terkait pembayaran Dam Tamattu’.

Untuk tahun pertama kerja sama ini, diskon akan diberikan dalam dua ha, yaitu diskon yang diberikan melalui mekansme pemberian penyimpanan dan diskon real.

Sehubungan itu, Anggito meminta kepada jamaah haji Indonesia yang akan berangkat haji pada 2014 untuk tidak lagi membayar Dam Tamattu’ kepada siapapun dan dalam bentuk apapun.

Dia mengingatkan bahwa alokasi anggaran yang sudah disepakati dengan DPR adalah untuk pembayaran Dam Tamattu’, bukan Dam karena melakukan pelanggaran selama menjalankan ibadah haji.

Untuk mekanismenya, status pelaksanaan haji tamattu’ itu sendiri akan dinyatakan oleh setiap jamaah haji pada waktu berangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper