Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RAPP Gunakan Ekohidro untuk Kelola Gambut

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mengklaim teknologi ekohidro mampu dijadikan sarana pengontrol air dalam pengelolaan hutan tanaman lestari gambut.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 28 Februari 2014  |  13:24 WIB
Dirut RAPP Kusnan Rahmin (kedua dari kanan) saat menjelaskan kegiatan RAPP
Dirut RAPP Kusnan Rahmin (kedua dari kanan) saat menjelaskan kegiatan RAPP

Bisnis.com, PEKANBARU — PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mengklaim teknologi ekohidro mampu dijadikan sarana pengontrol air dalam pengelolaan hutan tanaman lestari gambut.

Presiden Direktur RAPP Kusnan Rahmin mengatakan teknologi pengelolaan sumber air tersebut merupakan hasil dari penelitian, pembelajaran, praktek, dan perbaikan berkesinambungan yang dilakukan oleh perusahaan.

“Teknologi ini mampu mengontrol jumlah dan tinggi muka air sehingga mampu menjaga kelembaban gambut untuk pertumbuhan tanaman yang optimal, meminimalkan subsidensi dan bahaya kebakaran,” tambah Kusnan dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (28/2/2014).

Bahkan, ekohidro diklaim mampu mencegah drainase berlebihan dengan pengelolaan air berdasarkan zonasi. Melalui hydro buffer antara tanaman pokok dan kawasan lindung, ketinggian air dapat diatur sesuai kebutuhan tanaman pokok.

Dia menuturkan setiap perubahan ketinggian muka air diantara selang kontur (gradient) dibangun bendungan untuk mengatur dan menjaga ketinggian muka air tanah. Bendungan dengan saluran pelimpah (bypass/spillway) berfungsi seperti pintu air otomatis.

“Bendungan ini yang akan melimpahkan air yang berlebihan pada musim penghujan dan mempertahankan air pada saat musim kemarau yang rentan terhadap bahaya kebakaran,” ujarnya.

RAPP telah melakukan proyek Science-Based Management Support Project (SBMSP) yang selama 3 tahun untuk meningkatkan pemahaman tentang hidrologi, ekologi, dan parameter terkait.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rapp
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top