Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkota Malang Akan Tambah Pusat Informasi Pariwisata & UKM

Pemkot Batu, Jawa Timur, pada 2015 bakal memokuskan diri terhadap penambahan sarana prasarana maupun fasilitas umum (fasum) di wilayahnya berupa pusat informasi pariwisata dan UKM.

Bisnis.com, BATU - Pemkot Batu, Jawa Timur, pada 2015  bakal memokuskan diri terhadap penambahan sarana prasarana maupun fasilitas umum (fasum) di wilayahnya berupa pusat informasi pariwisata dan UKM. 

Penambahan fasilitas tersebut bakal difokuskan di wilayah Kecamatan Junrejo. Wilayah Junrejo sesuai rencana tata ruang wilayah (RTRW) bakal menjadi kawasan untuk investasi baru diantaranya hotel, kondominium hotel (kondotel), maupun obyek wisata baru.

Suliyanah, Camat Junrejo, mengatakan pembangunan dan perbaikan fasilitas umum menjadi isu utama yang paling banyak dilontarkan dalam pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Junrejo Kota Batu.

“Kegiatan musyawarah rencana pembangunan pada 2014 untuk menyusun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) 2015 masih banyak diarahkan untuk pembangunan fisik,” kata Suliyanah di Batu, Kamis (27/2/2014).

Pembangunan fisik yang menjadi prioritas tersebut diantaranya mulai rehabilitasi kantor Desa Tlekung dan kantor Kecamatan Junrejo juga pembangunan pusat informasi pariwisata dan pusat penjualan produk UKM yang berada di Desa Mojorejo.

Selain itu juga usulan pemmasangan paving di lahan depan Pasar Desa Mojorejo serta pamasangan lampu hias atau lampion untuk penerangan taman di pintu masuk Desa Pendem dan Dadaprejo.

“Dengan begitu harapannya wilayah Pendem dan Dadaprejo yang menjadi pintu masuk menuju Kota Batu akan lebih elok,” jelas dia.

Sedangkan di bidang pembangunan ekonomi produktif diantaranya adalah diajukannya pengadaan kursus keterampilan bagi warga miskin dan anak putus sekolah, pemberian modal usaha pada UKM, serta penambahan modal bagi koperasi dan pemanfaatan lahan pertanian organik.

Untuk bidang pembangunan pemerintahan, sosial dan budaya, diusulkan pembangunan sarana dan prasarana olahraga dan pentas seni, penyuluhan kesehatan di desa, serta pelatihan keamanan dan ketertiban masyarakat bagi anggota perlindungan masyarakat (linmas) di wilayah setempat.

“Kami berharap usulan warga Junrejo nantinya banyak yang lolos hingga ke musrenbang tingkat kota dan bisa direalisasikan pada 2015 agar pembangunan di wilayah Junrejo tidak ketinggalan jika dibandingkan dengan Kecamatan Batu dan Bumiaji,” ujarnya.

Eny Rachyuningsih, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Batu, mengatakan sesuai RTRW pembangunan kondotel dan hotel akan diprioritaskan di kawasan perdagangan dan usaha yang paling banyak akan  berdiri di kawasan Junrejo dan Batu.

“Kalau di  Kecamatan Bumiaji sebagain besar wilayahnya untuk kawasan pertanian dan perdagangan,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper